Selasa 05 Januari 2021, 12:10 WIB

Guru Besar Unpad Pastikan Keamanan Vaksin Sinovac

Faustinus Nua | Humaniora
Guru Besar Unpad Pastikan Keamanan Vaksin Sinovac

MI/Palce Amalo
VAKSIN TIBA DI KUPANG: Sebanyak 13.200 dosis vaksin covid-19 Sinovac tiba di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur

 

KETUA Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kusnandi Rusmil memastikan keamanan vaksin Sinovac cukup baik. Dia menepis kabar menyesatkan seputar efek samping dari proses uji klinis fase III vaksin yang sudah berlangsung selama 6 bulan.

“Isu yang beredar vaksin begini, vaksin begitu, rasanya enggak. Indonesia dari dulu sudah biasa melakukan imunisasi (uji klinis vaksin), baik di puskesmas, di daerah, dan sebagainya,” ungkapnya seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (5/1).

Guru Besar Fakultas Kedokteran itu menjelaskan, selama 6 bulan uji klinis dilakukan, efek samping yang dirasakan sejumlah relawan hanya panas ringan dan sedikit demam. Efek tersebut pun sembuh dengan sendirinya dalam 2 hari.

Lantas, Kusnandi Rusmil menjamin bahwa efektivitas vaksin covid-19 asal Tiongkok memiliki keamanan yang cukup baik. Sementara untuk efektivitas dan imunogenitasnya masih dalam proses penelitian. “Penelitiannya belum selesai, nanti sebentar lagi pada Januari saya akan melakukan report ke Bu Rektor untuk dilaporkan kepada Bio Farma,” ujarnya.

Efek samping yang ditimbulkan dinilai tidak menyebabkan hal-hal yang krusial. “Memang selalu ada efek sampingnya, tetapi selalu bisa kita atasi. Manfaat vaksin jauh lebih besar dari efek sampingnya,” tegasnya.

Tim riset uji klinis covid-19 Unpad sendiri sudah melakukan penyuntikan terhadap 1.620 subyek penelitian yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Total peserta yang melakukan pendaftaran uji klinis ini berjumlah 1.814 orang.

Dari total pendaftar, pihaknya melakukan seleksi dengan cara menggelar tes rapid dan tes swab. Hasilnya terjaring 1.732 orang yang memenuhi persyaratan tahap pertama. Selanjutnya, tim melakukan seleksi lagi sehingga menghasilkan 1.620 orang.

Proses penyuntikan pertama sudah dilakukan terhadap 1.620 orang. Namun, jumlah relawan berkurang menjadi 1.603 saat proses penyuntikan kedua dilakukan.(H-1)

Baca Juga

DOK ASTON Priority Simatupang

ASTON Priority Simatupang Hadirkan Promo Chinese New Year Eve Dinner Buffet untuk Rayakan Imlek

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 14:52 WIB
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 021 7883 8777 atau melalui email ke...
Antara/Irwansyah Putra.

Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksinasi Internasional sesuai Standar WHO

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 28 Januari 2022, 14:50 WIB
Sertifikat ini hanya sebagai dokumen kesehatan dan pelaku perjalanan tetap wajib mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku di...
DOK HOTEL AMBHARA

Rayakan The Great Lunar Year of The Tiger di Hotel Ambhara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 14:40 WIB
Berlaku di 31 Januari 2022, tunggu apa lagi, hanya di Hotel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya