Minggu 20 Desember 2020, 10:05 WIB

Prof Kuwat, Penemu GeNose Terima Penghargaan Anugerah UGM 2020

Zubaedah Hanum | Humaniora
Prof Kuwat, Penemu GeNose Terima Penghargaan Anugerah UGM 2020

Antara
GeNose alat deteksi Covid-19 temuan Prof Kuwat Triyono lewat embusan napas mampu mendeteksi Covid-19 dalam waktu cepat kurang dari 2 menit.

 

UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) memberikan penghargaan Anugerah UGM kepada Prof Drs Kuwat Triyono, inventor alat deteksi cepat Covid-19 GeNose. Apresiasi itu diberikan pada puncak peringatan Dies Natalis Ke-71 UGM yang digelar secara luring terbatas dan disiarkan secara daring, Sabtu (19/12).

Penyerahan Anugerah UGM 2020 dilakukan secara langsung oleh  Rektor UGM, Prof Panut Mulyono di Grha Sabha Pramana UGM. Dalam pidatonya, Profesor Kuwat mengaku bangga dapat menerima penghargaan Anugerah UGM 2020. Ia berharap ke depan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi masyarakat dan kemanusiaan dengan ilmu yang dimilikinya.

"Alhamdulillah, saya bersyukur, mewakili tim peneliti yang bersama-sama melakukan terobosan dalam rangka berkontribusi menyelesaikan masalah bangsa  di saat pandemi Covid-19. Semoga penghargaan ini menambah semangat kami dan tim untuk terus berkarya dan menghasilkan inovasi dari UGM untuk masyarakat Indonesia dan dunia," paparnya, seperti dikutip dari laman UGM.

Kuwat Triyono merupakan dosen pada Departemen Fisika FMIPA UGM sekaligus peneliti di Institute of Halal Industry and System (IHIS) UGM. Ia menekuni kajian fisika material dan instrumentasi sejak 2008. Berbagai produk inovasinya terdiri dari :

1. Masker antipolusi asap dan bakteri berbahan nanofiber
2. Hidung elektronik untuk deteksi cepat kontaminasi zat berbahaya dalam makanan, kadaluwarsa produk makanan, serta kehalalan produk
3. Lidah elektronik untuk otentikasi halal, deteksi keaslian dan kualitas produk secara cepat, akurat, dan portabel.
4. GeNose alat deteksi Covid-19 lewat embusan napas dengan kemampuan mendeteksi Covid-19 dalam tubuh manusia dalam waktu cepat kurang dari 2 menit.

Selain Profesor Kuwat, UGM juga memberikan penghargaan serupa kepada Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati, yang juga mantan Rektor UGM. "Keduanya dinilai berjasa besar di bidang kebudayaan, kebangsaan, kenegarawanan, kemanusiaan, dan atau kemasyarakatan dalam praktik intelektual dan atau sosial,” kata Sekretaris Rektor UGM Gugup Kismono saat membacakan kutipan Keputusan Rektor UGM No. 2560/UN1.P/KPT/Hukor/2020 tentang Pemberian Anugerah UGM Tahun 2020. (H-2)

 

Baca Juga

Dok. Kemendikbudriatek

Menjadikan Budaya sebagai Lumbung Pengetahuan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Selasa 07 Desember 2021, 00:05 WIB
Kelompok Sirel dari Jogjakarta hadir sebagai juara kategori Aplikasi. Sirel berhasil menjadi juara pertama dengan karya aplikasi pemindai...
BMKG

BMKG Siapkan Dashboard Cuaca Kawasan Erupsi Semeru sebagai Panduan Mitigasi Bencana

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:05 WIB
BMKG turut memberikan dukungan dalam upaya mitigasi lanjut serta pencarian, pertolongan dan penyelamatan (Search and Rescue) korban erupsi...
Antara

Kenalkan Google for Education, Kelas Juara Gelar Roadshow

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Senin 06 Desember 2021, 22:53 WIB
Google for Education untuk menunjang kegiatan belajar jarak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya