Senin 14 Desember 2020, 15:25 WIB

Menteri Agama Kenang Masa Kecilnya Tinggal di Banda Aceh

Zubaedah Hanum | Humaniora
Menteri Agama Kenang Masa Kecilnya Tinggal di Banda Aceh

Kementerian Agama
Menteri Agama Fachrul Razi

 

MENTERI Agama Fachrul Razi, 73, berkisah tentang masa kecilnya di Kota Banda Aceh, Aceh, yang hidup dalam kerukunan dan toleransi umat beragama. Kisah ini disampaikan Menag saat membuka gelaran dialog tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat/adat di Aceh, pekan lalu.

Dialog yang diinisiasi Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI ini mengusung tema 'Melalui Dialog Lintas Agama Kita Optimalkan Tugas dan Fungsi para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Dalam Rangka Pemeliharaan dan Penguatan Kerukunan di Aceh'.

"Saya lahir dan besar di Banda Aceh. Lingkungan saya banyak yang etnis Tionghoa dan tetangga non muslim. Ketika saya lulus masuk AKABRI, mereka yang berprofesi niaga menutup tokonya dan mengantar saya beramai-ramai ke stasiun. Begitulah indahnya kerukunan di Aceh. Soal kerukunan di Aceh sudah selesai bahwa masyarakat Aceh sejak dulu sudah rukun dan sangat toleransi," kenang Menag seperti dilansir daril laman Kementerian Agama, Senin (14/12).

Dikutip dari laman wikipedia, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, SIP, SH, MH lahir di Kutaradja, 26 Juli 1947. Meski lahir dan besar di Aceh, sebenarnya Menteri Fachrul Razi mewarisi darah Minangkabau.

Fachrul Razi menjadi salah satu tokoh militer dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma'ruf Amin. Ia menjadi orang ketiga dari kalangan militer yang menjabat Menag, yang pertama sejak Laksda (Purn) Tarmizi Taher (1993–1998), dan yang pertama dari matra Angkatan Darat sejak Letjen (Purn) Alamsjah Ratoe Perwiranegara (1978–1983). Fachrul juga menjadi orang dengan pangkat militer tertinggi yang pernah memangku jabatan ini.

Lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang empat ini adalah Wakil Panglima TNI. Razi juga termasuk dalam tim pendiri Partai Politik Hanura. (H-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Jelang Puncak Haji, Kesehatan Jemaah Harga Mati

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:15 WIB
Edy mengatakan pemerintah terus menyampaikan pesan #jangantungguhaus. Pesan itu mendorong jemaah haji menjaga tubuh terhidrasi dan minum...
MI/Dok Kemenag

E-Haj, Aplikasi yang Memudahkan Jemaah Haji Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:42 WIB
"E-Haj adalah sebuah sistem elektronik haji yang di dalamnya ada beberapa informasi, di antaranya soal kuota yang kami terima,...
Ant/Hanni Sofia

Empat Tips Meraih Ibadah Haji yang Mabrur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:15 WIB
MENJELANG puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), konsultan ibadah Imam Khoiri menyampaikan 4 bekal meraih kemabruran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya