Jumat 11 Desember 2020, 19:50 WIB

Dewan Pers Harap Media Jadi Penengah di Pandemi Covid-19

Suryani Wandari | Humaniora
Dewan Pers Harap Media Jadi Penengah di Pandemi Covid-19

MI/SUSANTO
Ketua Dewan Pers M. Nuh

 

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, mengatakan pers memiliki kebebasan pers namun harus mampu menciptakan atmosfer agar seluruh rakyak Indonesia bisa berada pada peradaban unggul. Caranya, dengan meletakan nilai-nilai kemanusiaan sebagai tujuan utama.

"Salah satu ciri dari keberadaaban adalah meletakan nilai-nilai kemanusiaan dalam mencari solusi yakni dengan intellectual discourse bukan physical discourse," kata Muhammad Nuh dalam webinar bertajuk Pandemi Covid-19 dan Kebebasan Pers, Jumat (11/12).

Baca juga: Kominfo Apresiasi Akselerasi Digital di Sektor Pendidikan

Hal ini berlaku juga pada pemberitaan untuk covid-19 yang mana menurutnya pers diharapkan mampu memilah sesuai domainnya untuk disajikan ke publik agar publik pun mendapatkan informasi yang kredibel, tidak ada misinformasi, disinformasi, atau malainformasi dengan genuine insting, berpikir logis dan kritis dan ketajaman analisis pers.

Ia pun tak memungkiri adanya perbedaan pemberitaan di publik sehingga membuat masyarakat kebingungan. Saat ini,lanjutnya terdapat  ada tiga kelompok media dalam menyikapi terjadinya perbedaan pemberitaan di ranah publik yakni hands off atau tidak peduli, compilator atau hanya menampng pendata beberapa pihak tanpa penentuan arah dan juga sebagai pencerah yakni melalui analisis data dan fakta.

"Diharapkan media menjadi pencerah dengan analisis data dan faktanya. Jangan disajikan kepada publik yang gaduh," katanya.

Muhammad Nuh menyatakan Dewan Pers terus memperjuangkan Kebebasan Pers disertai upaya peningkatan kompetensi seperti perilaku, kemampuan dan ilmu pengetahuan, mendorong juga perlindungan dan kesejahteraan para wartawan serta membangun ekosisttem industri bisnis pers yang mampu bertahan dan tumbuh secara berkelanjutan.

Ia mengatakan kebebasan pers bukan suatu pemberian tetapi harus diperjuangkan dan ditingkatkan kualitasnya dan dapat dipertanggungjawabkan agar memiliki makna bagi tujuan berbangsa bernegara. (H-3)

Baca Juga

MI/Dok BKKBN

BKKBN Kukuhkan Kasad Jadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni, Ardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:31 WIB
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, secara simbolik, menyematkan selendang Duta Bapak Asuh Anak Stunting kepada Jenderal Dudung, sekaligus menandai...
Marieclaire

Pil Kontrasepsi Bisa Bantu Regulasi Suasana Hati

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:15 WIB
Dengan mengonsumsi pil KB hormonal, hal itu akan menambah kadar estrogen dalam tubuh sehingga kerja serotonin menjadi normal...
MI/Susanto

Tim Kesehatan Haji Siap Hadapi Puncak Armuzna

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:01 WIB
Untuk Armuzna, sebanyak 782 orang tenaga kesehatan akan diturunkan. Mereka terdiri dari 48 dokter spesialis, 67 dokter umum, serta ratusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya