Jumat 11 Desember 2020, 17:43 WIB

Kominfo Apresiasi Akselerasi Digital di Sektor Pendidikan

Faustinus Nua | Humaniora
Kominfo Apresiasi Akselerasi Digital di Sektor Pendidikan

MI/M Irfan
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Komunkasi dan Informasi (Kominfo) mengapresiasi upaya akselerasi digital yang terjadi di sektor pendidikan selama masa pandemi.

Pasalnya, dengan adanya sejumlah kebijakan terkait proses pembelajaran secara online turut meningkatkan kemampuan penggunaan internet sejak dini.

"Ini adalah terobosan juga yg harus kita apresiasi. Memang pandemi ini banyak maslaah, tapi juga ada blessing di mana kita dipaksa untuk mempercepat proses transformasi digital yang kita targetkan," ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan dalam peluncuran akun pembelajaran Kemendikbud, Jumat (11/12).

Dia mengatakan sejumlah program di sektor pendidikan seperti pembalajaran secara daring dan juga akun pembalajaran berbasis elektronik mempengaruhi angka melek digital. Kemendikbud dan Kemenag telah membantu Kominfo dengan mengembangkan SDM pengguna internet.

"Ini mendukung persiapan pertumbuhan SDM, talenta digital. Anak-anak sudah dibiasakan dengan penggunaan internet. Kalau masuk kurikulum anak-anak sudah terbiasa mengikuti pelajaran secara online dengan materi-materinya," imbuhnya.

Penggunaan internet yang masif selama masa pandemi itu terbukti dengan tingginya angka penggunaan internet. Berdasarkan survei di kuartal II/2020, penggunaan internet mencapai 196,7 juta atau 73,7% dari populasi. Jumlah ini bertambah sekitar 25,5 juta pengguna dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Gandeng Google, Kemendikbud Luncurkan Akun Belajar Gratis

Untuk mendukung perceptan akselerasi tersebut yang merupakan berkah pandemi, Kominfo menargetkan perluasan akses di 12.500 lebih desa dan kelurahan. Kemudian menyiapkan infrastruktur di sektor-sektor strategis, SDM, dan juga regulasi.

"Selain itu, percepatan pusat data yang diharapakan akhir 2023 sudah bisa dimanfaatkan. Saat ini pun sudah menyiapkan pusat data sementara," jelasnya.

Dia menambahkan upaya percepatan akselerasi harus dilakukan bersama semua kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat dengan meningkatkan kemapuan SDM. Namun, pengawasan pun harus terus dilakukan, lantaran ruang digital tidak memiliki batas-batas.

Adapun, hari ini Kemendikbud meluncurkan akun pembelajaranan dengan domain www.belajar.id. Para peserta didik dan pendidik bida mengaksesnya secara gratis untuk mendukung proses pembelajaran di masa pandemi ini.

Sebelumnya, Kemenag juga surah merilis akun uang serupa pada September lalu. Selain membantu proses pembelajaran, langkah tersebut juga mendukung peningkatan SDM di bidamg digital sejak dini.(OL-2)

 

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

BRIN Sebut Embun Beku Papua Berpotensi Berlanjut

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:20 WIB
Embun beku kerap terjadi pada dini hari hingga pagi hari di daerah pegunungan dan lembah selama musim kemarau di...
ANTARA FOTO/Siswowidodo

Kegiatan Pramuka Bentuk Generasi Muda yang Tangguh

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:44 WIB
"Berbagai kegiatan Pramuka yang diperkenalkan sejak SD harus mampu dimanfaatkan sebagai wahana untuk menanamkan nilai-nilai...
Dok. Dyandra Promosindo

Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Lompatan Kemajuan Pendidikan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:50 WIB
platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan di Indonesia saat ini adalah Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, ARKAS, SIPLah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya