Rabu 02 Desember 2020, 21:02 WIB

Galon Plastik Sekali Pakai Disebut Mudah Didaur Ulang

Mediaindonesia.com | Humaniora
Galon Plastik Sekali Pakai Disebut Mudah Didaur Ulang

Dok. Istimewa
Ilustrasi

 

ASOSIASI Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) menyatakan galon plastik sekali pakai tergolong dalam jenis plastik PET (Polyethylene Terephthalate) dengan kode plastik daur ulang Nomor 1. Sampah plastik tersebut tergolong mudah didaur ulang dan dapat digunakan kembali.

Ketua APSI yang juga Anggota Dewan Pengarah dan Pertimbangan Persampahan Nasional Saut Marpaung mengatakan, plastik sekali pakai sangat membantu ekonomi rakyat kecil terutama mendukung pendapatan  pemulung dan pengepul sampah.

Baca juga: Mendulang Rupiah dari Sampah Plastik

"Dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tinggi, pekerjaan yang paling mudah dilakukan adalah memungut sampah bernilai. Di TPA Bantar Gebang contohnya, terdapat 6.000 pemulung yang mencari sampah untuk menghidupi anak dan istri," kata Saut dalam keterangan, Rabu (2/12/2020).

Sebelumnya melalui akun Twitter @asosiasiapsi disebutkan bahwa tidak benar bahwa galon sekali pakai menumpuk sampah. Dinyatakan pula bahwa galon sekali tidak akan menambah tumpukan sampah plastik, karena dapat langsung diolah.

'Yang sesungguhnya terjadi dengan plastik daur ulang PET dengan kode daur No.1 adalah kemasan plastik bahan PET dapat segera didaur ulang menjadi bahan-bahan bermanfaat seperti botol plastik, kantong belanja, dakron, bahan baku bantal, guling, kasur, bahan benang polyester DSB,' demikian cuit @asosiasiapsi pada 30 November 2020.

Baca juga: Peran Produsen Sentral dalam Kurangi Sampah Plastik

Disebutkan pula bahwa plastik ramah lingkungan bukan gimmick, karena pengolahan plastik ramah lingkungan itu benar ada seperti yang sudah dilakukan APSI hingga saat ini.

Sebagai informasi, terdapat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P. 75/2019 tentang peta jalan pengurangan sampah oleh produsen, yakni melalui proses daur ulang agar dapat tercipta sirkular ekonomi dan menghasilkan lingkungan yang bersih. (RO/A-3)

Baca Juga

MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...
Ist

Prambors Dukung Kaum Muda Melalui Prambors Mendadak Sepedahan Lagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:37 WIB
Sebagai radio anak muda pertama dan terbesar di Indonesia, Prambors selalu menjadi trendsetter gaya hidup anak muda melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya