Selasa 01 Desember 2020, 09:14 WIB

Wujudkan Merdeka Sinyal Hingga Pelosok Negeri

mediaindonesia.com | Humaniora
Wujudkan Merdeka Sinyal Hingga Pelosok Negeri

Foto/MI
Perjalanan tim Ekspedisi di Atambua, Nusa tenggara Timur.

 

    

KEHADIRAN akses internet sangat bermanfaat bagi pembangunan perekonomian, sosial, pendidikan, kesehatan, maupun kebudayaan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Badan Aksesibilitas dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Bakti Kominfo) memperkuat infrastruktur telekomunikasi melalui proyek Palapa Ring dengan membangun jaringan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 12.229 kilometer yang menjangkau 57 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui hasil pembangunan tersebut, Media Indonesia dan Metro TV bekerja sama dengan Bakti Kominfo melakukan perjalanan bertajuk ‘Ekspedisi Bakti Untuk Negeri’ ke Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

Perjalanan tersebut melihat secara langsung pemanfaatkan akses internet dan dampaknya bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), maupun bagi TNI dalam menjaga negeri di kawasan perbatasan.

Pembuatan kapal pinisi di Bulukumba.

 Penari di desa wisata Pampang, Kalimantan Timur.

Menara Bakti di Sabang, Aceh.

Ekspedisi tidak hanya menyusuri kota besar, juga pelosok-pelosok negeri untuk menyaksikan peran Bakti Kominfo dalam membangun akses telekomunikasi dan internet cepat dalam mencapai target ‘merdeka sinyal’ hingga ke pelosok negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Masyarakat di kawasan 3T maupun perbatasan menikmati hasil pembangunan proyek infrastruktur BAKTI. Mereka bisa belajar tenang tanpa gangguan sinyal, atau memasarkan produk hingga ke luar daerah, atau manfaat internet dalam memasarkan pariwisata, atau sekadar untuk bermedia sosial, dan lainnya.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo akan membangun 7.904 BTS di wilayah tedepan, tertinggal, terluar (3T) dan perbatasan pada tahun 2021-2022.

Sampai tahun 2024, pemerintah akan memprioritaskan penyediaan cakupan sinyal 4G di 12.548 desa/kelurahan di seluruh Indonesia dan penyediaan layanan akses internet di 117 ribu lokasi layanan publik. (Per/S1-25)

Baca Juga

BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...
Antara

Pertumbuhan Awan Meningkat, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Senin, 2 Agustus 2021

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 22:05 WIB
POLA perlambatan kecepatan angin menunjukkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah besok, Senin, 2 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya