Jumat 27 November 2020, 10:15 WIB

Cek Fatwa MUI tentang Haji Usia Dini

Indryani Astuti | Humaniora
Cek Fatwa MUI tentang Haji Usia Dini

AFP/STR- Saudi Ministry of Hajj and Umra
Foto dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang menunjukkan sejumlah jemaah sedang malakukan tawaf, Minggu (4/10).

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sejumlah fatwa terkait pendaftaran haji saat usia dini. Menurut Sekretaris Komisi Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni'am, pendaftaran haji pada usia dini untuk mendapatkan porsi haji hukumnya boleh (mubah), dengan syarat uang yang digunakan untuk mendaftar haji diperoleh  dengan cara yang halal, tidak mengganggu biaya-biaya lain yang wajib dipenuhi, dan tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Juga tidak menghambat pelaksanaan haji bagi mukallaf yang sudah memiliki kewajiban ‘ala al-faur dan sudah mendaftar," ujarnya melalui siaran pers MUI yang diterima Media Indonesia, Kamis (26/11) malam.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka, Utamakan Cegah Klaster Institusi Pendidikan

Adapun hukum pendaftaran haji pada usia dini yang tidak memenuhi syarat yang disebut pada angka 1 (menggunakan uang halal) adalah haram. Untuk pembayaran setoran awal haji dengan uang hasil utang, menurut MUI hukumnya boleh (mubah), dengan syarat bukan utang ribawi (dengan bunga) danorang yang berutang mempunyai kemampuan untuk melunasi utang, antara lain dibuktikan dengan kepemilikan aset yang cukup.

Adapun pembayaran setoran awal haji dengan uang hasil pembiayaan dari lembaga keuangan, hukumnya boleh dengan syarat, menggunakan akad syariah, tidak dilakukan di Lembaga Keuangan Konvensional; dan ?nasabah mampu untuk melunasi, antara lain dibuktikan dengan kepemilikan aset yang cukup. (H-3)

Baca Juga

Antara

Risma Salurkan Rp1,86 Miliar bagi Korban Banjir Halmahera Utara

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 20:34 WIB
Terdapat 1.016 jiwa warga yang mengungsi dari korban terdampak dari Desa Roko, Kec. Galela...
dok.medcom

Semua Laporan Efek Pascaimunisasi Covid-19 Bersifat Ringan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 20 Januari 2021, 19:40 WIB
Hingga Rabu (20/1), Komnas KIPI menerina 30 laporan yang bersifat ringan dan tidak ada reaksi serius setelah tenaga kesehatan mendapat...
ANTARA/ ACHMAD SUBAIDI

ICW Nilai SPM bagi Penyandang Disabilitas Belum Inklusi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 19:05 WIB
Pelayanan kesehatan yang inklusi perlu diatur untuk memudahkan penyelenggara pelayanan publik menyiapkan fasilitas fisik maupun non fisik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya