Senin 23 November 2020, 12:35 WIB

Libur Cuti Bersama Akhir Tahun akan Dikurangi

Zubaedah Hanum | Humaniora
Libur Cuti Bersama Akhir Tahun akan Dikurangi

Antara
Menko PMK Muhadjir Effendy.

 

MENTERI Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan Presiden RI Joko Widodo meminta adanya pengurangan libur dan cuti bersama akhir tahun.

"Berkaitan dengan masalah libur, cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama hari raya Idul Fitri, Bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan," ujar Muhadjir dalam konferensi pers virtual, seusai Ratas dengan Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (23/11).

Pada April 2020, pemerintah menggeser cuti bersama Idul Fitri ke akhir tahun dengan mempertimbangkan adanya status tanggap darurat bencana nonalam pendemi virus korona (covid-19).

Cuti bersama Idul Fitri yang semula ditetapkan 26-29 Mei 2020 digeser ke 28-31 Desember 2020. Meski begitu, libur Idul Fitri tetap pada 24-25 Mei 2020.

Muhadjir mengatakan Presiden memerintahkan agar segera dilakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan Kemenko PMK dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas libur dan cuti bersama akhir tahun serta pengganti libur cuti bersama Idul Fitri ini.

Adapun rapat terbatas tersebut diselenggarakan untuk mengevaluasi penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dalam ratas itu Presiden menyampaikan bahwa indikator penanganan covid-19 di Tanah Air relatif positif dibandingkan indikator penanganan global.

Muhadjir menyampaikan arahan Presiden agar indikator tersebut dipertahankan dan diupayakan semakin baik. Presiden juga berpesan agar Mendagri, Polri dan seluruh jajaran memberikan perhatian khusus dalam masalah pilkada yang akan berlangsung kurang dari dua pekan ke depan.

Total penambahan kasus baru covid-19 pada 22 November 2020 tercatat mencapai 4.360 kasus, dengan demikian ada 497.668 kasus covid-19 di Indonesia. Dari jumlah itu, kasus aktif berjumlah 63.596 orang. (Ant/H-2)

 

Baca Juga

ANTARA

Satgas Covid-19 Tegaskan tidak Ada Vaksinasi Mandiri

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 15:05 WIB
Karena seluruh biaya yang dibayarkan untuk membeli vaksin adalah anggaran pemerintah, sudah semestinya pelaksanaannya juga ditangani...
ANTAR/M Risyal Hidayat

DVI Polri Terima 162 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 14:49 WIB
Selain itu, tim DVI telah menerima 288 sampel DNA dari keluarga...
ANTARA/AKBAR TADO

BNPB Minta Warga Majene Waspadai Gempa Susulan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 12:45 WIB
Gempa susulan signifikan juga dapat memicu adanya longsoran (landslide) dan runtuhan batu (rockfall), sehingga masyarakat di kawasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya