Sabtu 21 November 2020, 14:30 WIB

Eijkman Optimis Bibit Vaksin Merah Putih Rampung Maret 2021

medcom | Humaniora
Eijkman Optimis Bibit Vaksin Merah Putih Rampung Maret 2021

dok.medcom
Ilustrasi vaksin covid-19

 

VAKSIN Merah Putih terus dikembangkan. Saat ini, proges laboratorium belum bergeser dari 55 persen. "Tapi inshaallah tetap bisa memenuhi target penyerahan bibit vaksin ke BioFarma pada Maret 2021," ujar Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 November 2020.

Amin menyebutkan bahwa saat ini sedang tahap mengkoleksi protein rekombinan dari sel sistem ekspresi. Artinya vaksin telah diuji ke sel mamalia dan sel ragi.  Jika hasil protein rekombinan stabil, tahap selanjutnya adalah uji coba kepada hewan.

Sebelumnya, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek Ali Ghufron Mukti menyebutkan bahwa pengembangan vaksin Merah Putih membutuhkan waktu panjang. Eijkman berfokus pada faktor keamanan dan efektivitas.

"Jadi, memang ada yang ditargetkan akhir 2020, atau awal 2012 itu akan selesai," ujar dalam diskusi virtual, Rabu, 18 November 2020.

Selanjutnya, proses praklinik, uji klinis fase satu hingga tiga. Berikutnya izin penerbitan Emergency Use Authorization dari BPOM, yang dilakukan sepanjang 2021. (OL-13)

Baca Juga: Tujuan Transformasi, Mendorong Lokomotif Ekonomi

Baca Juga

ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Puan Ajak Anak Bangsa Lanjutkan Cita-Cita Buya Syafii

👤Sri Utami 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:56 WIB
Ketua DPR Puan Maharani berduka atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Menurutnya, Bangsa Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian...
ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Banjir Rob Landa Sepanjang Pesisir Pantura dan Jawa Tengah

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:47 WIB
BMKG mengeluarkan informasi peringatan dini 13 Mei 2022 terkait potensi banjir pesisir di beberapa wilayah Indonesia saat fase bulan...
Ist/Pemprov Jateng

Ganjar Sampaikan Duka Mendalam Atas Kepulangan Buya Syafii Maarif

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:34 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan duka mendalam atas kepergian Cendekiawan muslim yang juga mantan Ketua PP...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya