Jumat 27 November 2020, 08:30 WIB

Dialog Penguatan Karakter Generasi Milenial

Micom | Humaniora
Dialog Penguatan Karakter Generasi Milenial

.
.

 

PENDIDIKAN karakter saat ini mulai ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.

Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa, tidak semata-mata hanya dilakukan di pendidikan formal melalui serangkaian kegiatan belajar- mengajar, akan tetapi juga melalui pembiasaan dalam kehidupan, seperti religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainya.

Pembiasaan itu bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang hal-hal yang benar dan salah, melainkan juga mampu merasakan terhadap nilai yang baik dan tidak baik, serta bersedia melakukannya dari lingkup terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat.

Oleh karena itu, selain keluarga, tetangga, dan sekolah yang memiliki peranan yang besar dalam pengembangan pendidikan karakter, komunitas berdasarkan generasi dapat menjadi pusat pembudayaan dan pengembangan karakter (community-based character culture).

Dalam penyampaian pendidikan karakter, contoh-contoh praktik di komunitas menjadi pembelajaran bersama membangun sinergi antarindividu yang tergabung. Praktik praktik pendidikan berkarakter berbasis komunitas milenial menjadi pilihan bergaya kekinian yang kontekstual.

Untuk mengulas lebih jauh soal pendidikan karakter ini, Media Indonesia dan Puspeka Kemendikbud menyelenggarakan dialog virtual Indonesia Bicara, yang dipandu Ketua Dewan Redaksi Media Group Usman Kansong.

Dialog yang digelar hari ini (Jumat, 27/11) mulai pukul 14.00-16.00 WIB itu menghadirkan narasumber Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud Muhammad Hasbi,  Rektor Universitas Al Azhar Asep Saefuddin, dan Kepala Sekolah SMP Amanah Tangerang Badaruzaman.

Acara dapat diikuti secara live streaming melalui:

1. Youtube Media Indonesia
2. Facebook Media Indonesia
3. IG Media Indonesia
4. Website Media Indonesia

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Perpusnas Kolaborasi dengan Kampus Kembangkan SDM Perpustakaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:30 WIB
Kerja sama tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS) antara Perpusnas dengan Politeknik STIA LAN...
ANTARA/AMPELSA

Masyarakat Harus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:35 WIB
Masih banyak yang abai menerapkan protokol...
Istimewa

Alat Diseminasi BMKG Rilis Info Gempa Susulan Mamuju dalam 3 Menit

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:55 WIB
BMKG belum bisa menyimpulkan kapan gempa susulan akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya