Jumat 06 November 2020, 02:16 WIB

IsDB Grup dan Baznas Jalin Kerja Sama Dorong Potensi Zakat

Syarief Oebaidillah | Humaniora
IsDB Grup dan Baznas Jalin Kerja Sama Dorong Potensi Zakat

DOK MI
Ilustrasi

 

ISLAMIC Development Bank (IsDB) Grup dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang merupakan satu-satunya badan resmi negara yang mengelola dana zakat, menjalin kerja sama transformatif untuk mengintegrasikan zakat dengan sejumlah Program Pembangunan Berbasis Masyarakat (CDD) di Indonesia.

“Program ini berupaya untuk memanfaatkan potensi dana zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya yang sangat besar, memotivasi masyarakat untuk menjadi bagian dari jaringan pembangunan yang aktif. Hal ini sejalan dengan Program Lima Tahun Presiden IsDB (P5P) dan model bisnis baru untuk menciptakan kerja sama serta mentransformasikan IsDB menjadi bank pembangunan," ungkap Presiden IsDB Grup, Dr Bandar Hajjar, Kamis (5/11)

"Program ini juga bertujuan menjadikan IsDB sebagai mitra pilihan dalam mengatasi tantangan pembangunan dengan mencapai enam pilar utama yaitu kesadaran, keterkaitan, kompetensi, pendanaan, penyampaian dan penguatan," tambahnya.

Hajjar menambahkan, proyek pendampingan teknis ini berupaya untuk mengembangkan model dalam meningkatkan penghimpunan zakat serta efektif menyalurkan dan menjaga aliran dana agar terus berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan program Pembangunan Berbasis Masyarakat di tingkat nasional. "Hal ini tentunya akan berdampak pada pengentasan kemiskinan di masyarakat bawah dan meningkatkan mata pencaharian," katanya.

Sedangkan Ketua Baznas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo mennyatakan sesuai perannya, Baznas fokus membantu masyarakat miskin di Indonesia. Pada kondisi pandemi ini, ungkap Bambang, masyarakat miskin adalah yang paling terpengaruh.

"Tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi banyak juga yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Dengan proyek yang didanai IsDB ini, diharapkan semakin banyak orang miskin yang mendapat dukungan untuk memulihkan mata pencaharian mereka dan mengatasi pandemi,” ujar Bambang.

Menteri Agama Fachrul Razi menyambut baik kolaborasi yang dijalin Baznas dengan IsDB. Menurut Menag potensi zakat umat Islam sangat membantu tugas negara memoderasi ketimpangan ekonomi sosial kemiskinan sebagai permasalahan negara dan global.

"Selamat atas kolaborasi antara Baznas dan IsDB. Kawal terus implementasi program dengan baik, agar mencapai tujuan yang diharapkan," tutup ujar Fachrul Razi. (RO/R-1)

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Ini Pengertian Bencana Hidrometeorologi, Penyebab dan Contohnya

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 07:45 WIB
Bencana hidrometeorologi disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting...
ANTARA/Arif Firmansyah

5 Oktober Diperingati sebagai Hari Guru Sedunia, Ini Bedanya dengan Hari Guru Nasional 

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 07:30 WIB
Tanggal 5 Oktober dipilih menjadi Hari Guru Sedunia karena tanggal itu merupakan perayaan ulang tahun penandatanganan Rekomendasi UNESCO...
journal.sociolla.com

Setelah Menopause, Perempuan Berisiko Tinggi Alami Sakit Jantung

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 06:30 WIB
"Pada usia lanjut, sesudah terjadi menopause, kadar estrogen turun dan ini jadi pemicu perempuan menderita penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya