Senin 26 Oktober 2020, 23:23 WIB

SDPPI Emban Tugas Dorong Percepatan Transformasi Digital

Syarief Oebaidillah | Humaniora
SDPPI Emban Tugas Dorong Percepatan Transformasi Digital

Ditjen SDPPI
Focus Group Discussion (FGD) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (26/10).

 

DIREKTORAT Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemban dua peran strategis di masa pandemi Covid-19 dalam mendorong percepatan transformasi digital.

“Pertama, menjaga manajemen spektrum frekuensi radio atau SFR agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi seluruh aktivitas masyarakat. Kedua, menjaga kualitas perangkat telekomunikasi yang beredar dengan menyiapkan standardisasi atau sertifikasi perangkat,” kata Dirjen SDPPI Kemenkominfo Ismail, pada Focus Group Discussion (FGD) secara virtual bersama sejumlah media di Jakarta, Senin (26/10).

Dalam FGD yang dipandu wartawan senior Ahmed Kurnia tersebut, Ismail mengutarakan merupakan pertaruhan bangsa untuk secepatnya memasuki transfromasi digital. Dalam kaitan tersebut, isu yang paling utama adalah infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas. “Hanya bisa dicapai dengan regulasi dan pelaksanaan yang baik di unit kerja di Ditjen SDPPI Kemenkominfo dalam menangani SFR dan perangkat telekomunikasi,” ungkapnya.

Terkait pandemi Covid-19, Ismail menjelaskan lima langkah Presiden Joko Widodo dalam adaptasi kehidupan baru yang mengakselarasi transformasi digital. Pertama, segera melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan intenet. Kedua, mempersiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis. Baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, maupun penyiaran.

Ketiga, mempercepat integrasi Pusat Data Nasional. Keempat, mempersiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Dan kelima, yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan, segera disiapkan secepat-cepatnya.

Menurut Ismail, infrastruktur adalah satu episentrum krusial atau aspek mendasar. Infrastruktur dengan koneksi atau broadband yang tinggi merupakan prasyarat bagi seluruh aktivitas di ruang konvensional untuk beralih ke digital. Kemudian juga harus ada dimana dan kapan saja, serta terjangkau. “Semua itu menjadi kriteria yang sangat berat bagi kami,” ungkap Ismail.

Selain itu, Ditjen SDPPI harus menyiapkan perangkat yang memiliki standar teknis dan kualitas. Pertama, perangkat yang digunakan tidak membahayakan keamanan dan kesehatan masyarakat. Kedua, kualitas perangkat harus terjaga, agarmencegah terjadi kegagalan atau kerusakan saat digunakan.

“Tugas kami menjaga jangan sampai masyarakat membeli perangkat yang berbahaya saat perangkat itu digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” tegasnya.

Dalam kesempatan sama, mantan Dirjen IKP Kemenkominfo Freddy Tulung mengingatkan pentingnya edukasi dalam kedaulatan ruang publik. "Edukasi amat penting tentang ruang publik.Masyarakat kita mesti diedukasi bahwa kedaulatan bukan hanya aspek wilayah juga ruang wilayah," ujar Freddy

Pembicara lainnya Ismail Cawidu yang juga pernah menjadi Kepala Humas Kemenkominfo berharap Kemenkominfo melakukan sosialisasi tentang makna dan pesan yang ada di Ditjen SDPPI Kemenkominfo guna lebih dimengerti dan dipahami publik. " Tak kalah penting juga istilah istilah -istilah pada program Ditjen SDPPI ini disosialisasikan kepada kalangan jurnalis sebagai penyampai informasi penting ke publik, "pungkas Ismail. (RO/R-1)

Baca Juga

Foto/Dok.MI

Peduli Lingkungan, Industri Kosmetik Turut Dukung Kampanye Sustainability

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:32 WIB
Keuntungan penjualan dari produk kosmetik akan digunakan untuk mengadopsi bibit kayu keras di wilayah Kalimantan tepatnya di sekitar...
Antara/HO-BNPT

Ketua MUI: Maknai Maulid Nabi untuk Menjaga 'Ukhuwah Wathaniyah'

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:33 WIB
Yusnar Yusuf Rangkuti menuturkan Maulid Nabi dapat dimaknai menjaga ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan) untuk menjadikan...
Kemenag

Kemenag Luncurkan Buku Manasik Haji dan Umrah Masa Pandemi Covid-19

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 16:15 WIB
KEMENTERIAN Agama meluncurkan buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah pada Masa Pandemi guna menjawab kebutuhan umat di masa pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya