Kamis 09 Juli 2020, 17:23 WIB

Utamakan Keselamatan, Istiqlal Tiadakan Salat Iduladha 1441 H

Syarief Oebaidillah | Humaniora
 Utamakan Keselamatan, Istiqlal Tiadakan Salat Iduladha 1441 H

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Provinsi DKI Jakarta menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (3/6).

 

GUNA tetap menjaga kesehatan dan keselamatan bersama dari pandemi covid-19, pemerintah meniadakan pelaksanaan salat perayaan hari besar umat Islam yakni Salat Iduladha 1441 H/2020.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai Rapat Tingkat Menteri (RTM) secara daring bersama Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Jakarta, Kamis (9/7).

"Kami bersepakat pada intinya Mesjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk menggelar salat Iduladha 1441 H demi menjaga keselamatan dan kesehatan kita bersama," kata Muhadjir Effendy.

Baca juga: Mari Sambut Idul Adha 2020

Imam Besar Mesjid Istiqlal Nasaruddin Umar menambahkan dalam Islam dikenal kaidah fikih menghindari kemudaratan dan bahaya lebih utama ketimbang mengejar manfaat.

Oleh karena itu, pemerintah dan pengelola Mesjid Istiqlal bersepakat untuk tidak menggelar. shalat Iduladha 1441 H guna menghindari kerumunan yang dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran covid-19 yang masih terus meninggi.

Nasaruddin Umar yang juga Guru Besar UIN Jakarta mengutarakan proses renovasi masjid Istiqlal juga masih berjalan sehingga belum dapat digunakan untuk kegiatan salat yang diikuti jemaah dalam jumlah yang banyak.

"Renovasi Istiqlal masih terus berjalan kita berdoa agar Istiqlal dapat segera normal kembali. Namun waktu yang mepet sementara renovasi berlangsung sehingga masih banyak yang mesti kerjakan, " pungkas Nasarudin yang pernah menjabat Wakil Menteri Agama tersebut. (A-2)

Baca Juga

Dok. Indoffod

Ketahanan Pangan Jadi Tema Beasiswa Riset IRN 2021

👤Citra Larasati 🕔Rabu 23 Juni 2021, 02:00 WIB
Program IRN adalah pemberian dana bantuan riset kepada mahasiswa S1)yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuk...
MI/Syarief Oebaidillah

Program Kampus Merdeka Jadi Penilaian Kegigihan Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 23 Juni 2021, 01:00 WIB
Berbagai program tersebut, di antaranya magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa, Kampus Mengajar, dan magang dengan...
naturalpluspharma.com

Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:41 WIB
Ketimbang menggunakan obat herbal tersebut, lebih baik para peneliti maupun pengembang obat tradisional di Indonesia mencari dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya