Jumat 19 Juni 2020, 19:16 WIB

DMI: Ada Syarat dalam Penerapan Salat Jumat Dua Gelombang

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
DMI: Ada Syarat dalam Penerapan Salat Jumat Dua Gelombang

MI/Ramdani
Salat Jumat

 

IMBAUAN penerapan salat Jumat dua gelombang berdasarkan ganjil genap nomor ponsel memiliki syarat khusus.

Menurut Ketua Pemuda DMI Arief Rosyid Hasan, DMI mengeluarkan surat edaran mengenai tata cara salat Jumat pada tatanan baru beradaptasi covid-19. Pada surat edaran tertanggal 16 Juni 2020 yang ditandatangani ketua DMI, Jusuf Kalla mengatur mengenai tata cara sholat Jumat 2 gelombang dengan aturan ganjil genap berdasarkan nomor telepon seluler jamaah.

Menurutnya, penerapan imbauan salat Jumat dua gelombang dapat dilaksanakan oleh pihak Masjid yang memiliki keterbatasan ruang salat.

“Untuk memenuhi ketentuan jaga jarak terpaksa Jamaahnya Salat di halaman dan bahkan di jalan raya, sehingga shaf (barisan) tidak teratur, dan ada risiko penularan covid-19 karena jalan raya tidak bersih, sel virus bisa terbawa ke rumah dari sajadah,” ujar Arief kepada Media Indonesia, Jumat (19/6).

Baca juga : Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Diprediksi Diproduksi Juni 2021

Namun, dalam prakteknya, Masjid Cut Nyak Dien yang berada di Jakarta Pusat masih belum menerapkan aturan salat Jumat dua gelombag berdasarkan ganjil-genap nomor telepon seluler, pada Jumat (19/6).

Padahal, dari pantauan Media Indonesia, area Masjid telah dipenuhi oleh Jamaah hingga beberapa Jamaah harus salat di luar Masjid.

Imam Besar Cut Nyak Dien, Ustadz Haji Marfudin, mengatakan pihak Masjid telah mengikuti fatwa ulama untuk tetap menjalankan salat satu gelombang.

“Fatwa Ulama itu belum sepakat tegaskan peraturan itu, jadi tetap melaksanakan satu gelombang, cuma kalau jamaah membludak, maka cari tempat yang lain,” ujarnya. (OL-2)

 

Baca Juga

HO

Ikadin Dorong Anggotanya Terus Berikan Pelayanan Terbaik

👤Widhoroso 🕔Sabtu 24 September 2022, 21:26 WIB
SEBAGAI organisasi profesi advokat, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) terus mendorong akan peran serta advokat muda untuk terus berkarya...
Antara

Update 24 September 2022: Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 1.724 Orang Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 24 September 2022, 21:00 WIB
Sedangkan, untuk kasus aktif berkurang 328 orang sehingga menjadi 21.982...
dok.korlantas

Dukung Pemerintah, Wakapolri : Vaksin Booster Harus Terus Dilanjutkan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 20:26 WIB
WAKAPOLRI Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi booster yang diselenggarakan oleh Korlantas Polri di Gedung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya