Rabu 22 April 2020, 18:03 WIB

KLHK Selamatkan Orang Utan Liar Masuk Kota Palangkaraya

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
KLHK Selamatkan Orang Utan Liar Masuk Kota Palangkaraya

Antara
Dua orang utan (Pongo pygmaeus) di lokasi prapelepasliaran di Pulau Kaja, Sei Gohong, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui UPT Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng), bekerja sama dengan BOS (Borneo Orangutan Survival) Foundation melakukan penyelamatan (rescue) dan translokasi orang utan liar yang masuk Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Informasi awal adanya satwa orang utan tersebut didapatkan oleh Balai KSDA Kalteng dari laporan warga melalui Call Center, bahwa di Km. 10, jalan lingkar luar, Kota Palangkaraya terdapat satu individu orang utan yang berada di salah satu kebun nanas milik warga," kata Plt Kepala Balai KSDA Kalteng Andi Muhammad Khadafi dalam keterangan tertulis, Rabu (22/4).

Andi menjelaskan setelah mendapat laporan, Tim yang terdiri dari Wildlife Rescue Unit (WRU) SKW I BKSDA Kalteng dan BOS Foundation segera menuju lokasi dimaksud. Di lokasi, tim hanya menemukan bekas buah nanas yang telah dimakan, kebun nanas yang telah dirusak, serta sarang orang utan.

Baca juga: Covid-19: Bandara Deo dan Pelabuhan Sorong Masih Ditutup

Melihat kondisi tersebut, Tim penyelamat segera melakukan rescue dengan menerapkan protokol kesehatan virus korona atau covid-19 , yaitu dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Upaya penyisiran pun dilakukan di sekitar lokasi, hingga akhirnya orang utan tersebut ditemukan dan segera dilakukan tindakan penyelematan jelasnya.

"Rescue dilakukan selama kurang lebih 3 jam. Pemeriksaan kondisi orang utan langsung dilakukan di lokasi. Umur orang utan tersebut kurang lebih 20 tahun, jenis kelamin jantan, kondisi sehat dan masih sangat liar," sebut Andi.

Setelah diketahui bahwa kondisi orang utan tersebut sehat dan masih sangat liar, maka hari itu juga orang utan tersebut ditranslokasi ke Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam (KSA / KPA) Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalteng.

Melalui kegiatan ini, Balai KSDA Kalteng mengajak dan menghimbau warga untuk terlibat aktif melindungi satwa liar khususnya orang utan yang merupakan salah satu satwa kebanggaan Indonesia. (X-15)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pasien Covid-19 Naik, Kemenkes Minta Setiap RS Tambah Tempat Tidur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 06:04 WIB
Kementerian Kesehatan mengirimkan surat edaran agar daerah menambahkan  30%-40% ruang perawatan untuk covid-19 di rumah sakit. Serta...
Kohler.co.id

Aturan Pakai Toilet saat Anggota Keluarga Positif Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 02:00 WIB
Aturannya menjadi berbeda saat seluruh anggota keluarga diketahui positif...
telegraph.co.uk

Inilah Usia Anak Boleh Mulai Konsumsi Es Krim

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:48 WIB
Dokter spesialis anak dr. Attila Dewanti menjelaskan es krim sebetulnya sudah boleh dikonsumsi oleh anak ketika berusia satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya