Rabu 01 Januari 2020, 13:00 WIB

BMKG: Waspada Hujan Lebat Hingga 3 Hari ke Depan

Atalya Puspa | Humaniora
BMKG: Waspada Hujan Lebat Hingga 3 Hari ke Depan

ANTARA FOTO/Yusran Uccang
BMKG memperingatkan adanya dampak dari hujan lebat yang terjadi 3 hingga 6 Mei, seperti banjir, longsor, angin kencang dan lainnya.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan tinggi akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Adapun, curah hujan tinggi akan terjadi di Jabodetabek dan sebagian besar wilayah di Indonesia.

"Sampai tiga hari ke depan potensi hujan masih ada terutama di siang sampai malam hari. Tapi bukan berarti hari keempat berhenti ya. Nanti kita update lagi," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Fachri Rajab kepada Media Indonesia, Rabu (1/1).

Fachri menyebut tingginya intensitas hujan terjadi karena terjadi peningkatan intensitas angin Monsun dari Asia Pasifik yang melintas wilayah Indonesia menuju ke Australia

"Kita kan sekarang sudah masuk musim hujan dan masa udara di atas wilayah Indonesia udara basah dan itu menyebabkan intensitas hujan tinggi," ucapnya.

Baca juga: BMKG Sebut Fenomena Suhu Panas Hingga Sepekan ke Depan

Untuk itu, Fachri meminta kepada masyarakat luas untuk mengantisipasi terjadinya potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"Pastikan lingkungan kita bersiap menerima dan mengalirkan air dengan intensitas besar. Untuk cakupan lebih luas, pemerintah juga harus pastikan semua wilayah mampu menampung jumlah air dengan intensitas besar," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Youtube Sekretariat Presiden

Presiden: Keluarga adalah Tiang Negara

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Januari 2021, 11:24 WIB
Dalam sepuluh hingga dua puluh tahun ke depan, keluarga di Indonesia akan didominasi kaum muda, generasi yang produktif. Bonus demografi...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Kemenag: Wakaf Uang Hanya untuk Investasi Produk Keuangan Syariah

👤Humaniora 🕔Kamis 28 Januari 2021, 11:15 WIB
Mekanisme pengumpulan dan pengelolaan wakaf uang diatur dalam Undang-undang dan Peraturan...
Dok Kemenag RI

Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan untuk Produk Keuangan Syariah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 11:13 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin memastikan bahwa pengelolaan wakaf uang hanya diinvestasikan untuk produk keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya