Jumat 30 Agustus 2019, 21:00 WIB

Uhamka Siapkan 20 Beasiswa dalam OSC

mediaindonesia.com | Humaniora
Uhamka Siapkan 20 Beasiswa dalam OSC

Dok. Uhamka
keikutsertaan Uhamka dalam OSC

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) kembali berpartisipasi dalam program beasiswa Online Scholarship Competition (OSC). Program beasiswa daring terbesar di Indonesia tersebut tahun ini melibatkan 21 perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Peluncuran program OSC dihadiri oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, CEO Medcom.id, dan seluruh pimpinan PTS yang terlibat. Uhamka sendiri diwakili oleh Kepala Bagian Kerjasama Nur Asiah dan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Nurlina Rahman.

Dalam program OSC 2019, Uhamka menyediakan beasiswa penuh kepada 20 peserta yang tersebar di 5 fakultas yakni Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial ilmu Politik, FKIP, FAI, dan Fakultas Psikologi.

“Kami menyediakan beasiswa full yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Silakan ambil kesempatan ini,” kata Nur Asiah dalam siaran persnya, Jumat (30/8).

Uhamka merupakan perguruan tinggi swasta 10 terbaik di DKI Jakarta versi Kemenristekdikti tahun 2019. Secara kelembagaan, Uhamka juga telah mengantongi akreditasi A sehingga menjadi jaminan bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan terbaik di kampus ini.

Baca juga : OSC akan Jangkau Perguruan Tinggi di Asia

Adapun jumlah beasiswa yang disediakan oleh 21 PTS dalam program OSC tercatat 420 kursi dengan total nilai beasiswa Rp40 miliar.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy yang juga Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah bidang Pendidikan, mendukung perguruan tinggi di bawah Muhammadiyah bergabung menjadi mitra pemberi beasiswa pada program OSC 2019.

Hingga edisi ke-5 diselenggarakannya OSC, baru Uhamka yang bergabung.. Dua perguruan tinggi milik Muhammadiyah lainnya baru berencana bergabung tahun mendatang.

“Sudah ada satu yang gabung yaitu Uhamka, sementara kita punya 162 perguruan tinggi,” kata Muhadjir.

Ia berharap tahun depan lebih banyak lagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang bergabung dalam program OSC untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi siswa dari seluruh Indonesia menikmati pendidikan tinggi.

CEO Medcom.id, Mirdal Akib menjelaskan OSC 2019 merupakan tahun kelima penyelenggaraan. Jumlah PTS yang bergabung meningkat menjadi 21 PTS dibanding tahun sebelumnya 18 PTS.

Peningkatan jumlah PTS yang bergabung tersebut lanjut Mirdal menjadi wujud kepercayaan dari para mitra terkait program OSC.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk ikut program OSC, bisa mendaftar melalui laman osc.medcom.id. Calon pendaftar OSC dapat membuka halaman depan laman, lalu klik ‘pendaftaran’ di sebelah kanan atas laman.

Terdapat dua pilihan yang akan tampil, yaitu pendaftaran untuk Beasiswa OSC dan juga OSC Community.

Untuk yang ingin menjadi peserta OSC bisa memilih pendaftaran OSC. Bagi pendaftar beasiswa OSC Medcom.id 2019 akan secara otomatis menjadi anggota OSC Community.

Setelah masuk ke laman pendaftaran, nantinya akan muncul formulir pendaftaran peserta OSC. Formulir dan foto harus diisi lengkap dengan data yang terbaru dan aktif.

Baca juga : Penerima Beasiswa OSC Diminta Majukan Bangsa

Setelah formulir diisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya pilih universitas tujuan, dan memilih jurusan atau program studi yang diminati. Sekaligus pilih jurusan atau dua program studi sebagai cadangan.

Setelah berhasil mendaftar, tahap selanjutnya adalah verifikasi akun. Tahap ini penting, sebab, apabila akun tidak diverifikasi maka tidak bisa mengikuti Online Test dan tahapan OSC lainnya.

Untuk ketentuannya setelah mengisi data diri dengan lengkap, peserta hanya diperbolehkan memilih satu universitas dari 21 universitas yang tersedia. Namun peserta dapat memilih dua program studi (prodi) dari universitas yang dipilihnya tersebut.

Untuk tes online wajib diikuti oleh peserta sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Peserta akan mendapatkan soal tes berdasarkan universitas yang dipilih. Semua soal tes wajib dijawab, sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pada Sabtu, 9 November 2019.

Pemenang akan diumumkan pada 13 November mendatang. Pengumuman dapat dilihat di laman osc.medcom.id Peserta yang lolos, wajib mengikuti tahap selanjutnya yaitu proses seleksi data diri. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Baznas Kirim Tim Medis Ke Lokasi Gempa di Sulawesi Barat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 23:57 WIB
Baznas telah mengirimkan tim medis dan tim tanggap bencana dari Jakarta untuk membantu proses evakuasi korban bencana gempa bumi di...
Antara

Wacana Vaksin Covid-19 Dijual Mandiri Dinilai Langkah Blunder

👤Sri Yanti Nainggolan 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 23:52 WIB
"Jadi penggunaannya sesuai dengan mekanisme strategi kesehatan masyarakat, bukan strategi ekonomi," tandas...
AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Kapolri Evaluasi Penanganan Wilayah

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:15 WIB
Seperti diketahui, per Jumat (15/1) kemarin, kasus positif covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 12.818...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya