Kamis 15 Agustus 2019, 07:00 WIB

Pusat dan Pemda Perang Total Tanggulangi Karhutla

mediaindonesia | Humaniora
Pusat dan Pemda Perang Total Tanggulangi Karhutla

ANTARA FOTO/Agus Alfian/
SINERGI TANGGULANGI KARHUTLA DI PERBATASAN: Petugas Polsek Entikong Bripda Indah Roida Simaremare (kiri) bersama dua anggota TNI

 

PEMERINTAH pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengadakan gerakan 'perang total' dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal itu dilakukan untuk mencegah meluasnya karhutla yang tengah terjadi di beberapa daerah.

Pemprov Kalimantan Tengah, kemarin, menurunkan seribu aparatur sipil negara (ASN) serta jaksa untuk membantu memadamkan karhutla di Kota Palangka Raya. Sebelumnya, 1.512 personel TNI dan Polri digerakkan untuk membantu pemadaman di 100 desa di Kalteng.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri seusai salat istigasah di Kantor Kejati Kal-teng mengatakan pemadaman se-rentak yang dilakukan ASN Pemprov Kalteng bersama jaksa di Palangka Raya, kemarin, sebagai bentuk kepedulian bersama saat karhutla melanda Kota Palangka Raya.

Sebanyak 116 personel gabungan dari TNI, Polri, Perhutani, dan relawan kemarin juga terus berusaha memadamkan api yang merambat ke hutan lindung Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wakapolres Magelang Komisaris Eko Mardiyanto menjelaskan ada tiga tim untuk memadamkan karhutla. "Ada sekitar 38,8 hektare padang savana fungsi hutan lindung yang terbakar," ungkap Eko

Dari Bangka Belitung dilaporkan intensitas karhutla di sana meningkat. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa mengatakan dalam sehari, kemarin, ada 14 peristiwa karhutla dengan cakupan lahan sekitar 11 hektare.

Kemarin, Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kalimantan Selatan menyebutkan luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 980 hektare. Sekitar 8,5 hektare merupakan kawasan hutan. Jumlah titik api yang terpantau Satelit Aqua Terra sebanyak 89 titik. Terbanyak muncul di Kabupaten Tapin, 46 titik api. Untuk memadamkannya, Mabes Polri menurunkan tim untuk membantunya.

Terpisah, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan setiap langkah secara sistematis sudah dilakukan kepolisian daerah bekerja sama dengan TNI, BPBD, dan pemda setempat.

"Titik panas di tiap-tiap polda yang terpantau sudah menurun," kata Dedi di Grand Kemang, Jakarta, kemarin. (SS/LN/RF/DY/FER/H-1)

Baca Juga

dok.mi

Konsistensi Pencegahan Covid-19 hingga Idul Fitri harus Optimal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 17:10 WIB
UPAYA pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam pengendalian Covid-19 selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 harus konsisten dilakukan agar...
Ant/Makna Zaezar

Soal Ujian Bocor Ternyata Kepsek dan Guru Matematika Pelakunya

👤Ardi T Hardi 🕔Selasa 13 April 2021, 16:38 WIB
TIM Pencari Fakta (TPF) Pendidikan DIY menyampaikan hasil investigasi atas kebocoran soal Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) 2021...
MI/John Lewar

3 Jembatan Putus, 8 Desa di NTT Kesulitan Dapat Bantuan

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 13 April 2021, 16:10 WIB
SEBANYAK tiga jembatan putus akibat serangan Siklon Seroja di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih mengisolasi delapan desa di Flores...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya