Minggu 03 Maret 2019, 08:15 WIB

KIS Dibagikan hingga ke Pelosok Daerah

MI | Humaniora
KIS Dibagikan hingga ke Pelosok Daerah

Ilustrasi

 

PEMERINTAH daerah menyambut positif program kartu Indonesia sehat (KIS) yang digulirkan Presiden Joko Widodo sejak awal masa kepemimpinannya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pemerintah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, tahun ini menerima kucuran anggaran sebesar Rp12 miliar untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerima KIS.

"Warga yang telah memiliki KIS berhak mendapatkan pelayanan gratis di puskesmas dan rumah sakit, kecuali bagi pasien rujukan ke Makassar atau ke tempat lain tetap mengeluarkan biaya untuk keperluan atau kebutuhan sehari-hari," kata Bupati Majene, Fahmi Massiara, Senin (25/2).

Kepala Dinas Sosial Majene, Ahmadiah, menambahkan, dari delapan kecamatan di daerah itu, semua telah mendapatkan KIS. Dia menyatakan pemda telah membagikan kartu KIS kepada 351 warga di enam lingkungan di Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur.

"Kami mengimbau lurah jika ada warga pemegang KIS telah meninggal, segera melaporkan ke dinas sosial untuk segera digantikan dengan warga  lain."

Jaga lingkungan
Sebanyak 112.417 warga di sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng telah menerima KIS yang merupakan program nasional.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Gede Sandhyasa, KIS itu diserahkan simbolis kepada warga dalam sebuah acara yang dipusatkan di Balai Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, pekan lalu.

"Kecamatan Gerokgak 14.189 jiwa, Seririt  8.526 jiwa, Banjar 8.786 jiwa, Buleleng 8.268 jiwa, Sukasada 9.220 jiwa, Sawan 22.281 jiwa, Kubutambahan 15.737 jiwa, Tejakula 14.564 jiwa, dan Kecamatan Busungbiu sebanyak 7.244 jiwa," ujar Sandhyasa.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan KIS merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi warga masyarakat.
"KIS diberikan pemerintah pusat melalui pemerintah daerah di setiap wilayah," ungkap Bupati Suradnyana.

Suradnyana meng akui KIS ini harus terdistribusi dengan baik sampai kepada warga yang berhak menerima sehingga berguna dan dimanfaatkan sebaik baiknya sesuai ketentuan yang berlaku.

"Program Jaminan Kesehatan Nasional ini besar manfaatnya kepada warga yang membutuhkan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Saya juga mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan halaman rumah untuk tanaman obat. Kalau kita mau, tanaman obat bisa membuat kita prima, seperti sambiroto yang luar biasa manfaatnya," kata Bupati Buleleng. (LN/OL/Ant/X-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Menhub: 36 Ahli Waris Sriwijaya Air SJ182 Sudah Dapat Santunan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:20 WIB
SEBANYAK 36 ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah menerima santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta untuk...
Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...
ANTARA/ FEY SELLY

Mendikbud Sebut 34.200 Sekolah Sudah Gelar PTM

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:30 WIB
Pihak sekolah menghadapi pilihan sulit antara ketertinggala pembelajaran dan masalah keselamatan serta keselamata siswa di masa pademi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya