Sabtu 28 November 2020, 00:40 WIB

Butuh Regulasi yang Jelas

(Fer/H-1). | Fokus
Butuh Regulasi yang Jelas

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
LAYANAN TELEMEDICINE MOBILE JKN:

FAKTOR kecepatan dan ketepatan sudah menjadi hal mutlak yang harus diadopsi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Menjadi penting karena beriringan dengan nasib atau nyawa pasien. Salah satunya yang digagas ialah telemedicine.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menyadari hal itu. Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan PERSI Daniel Wibowo menyatakan pihak rumah sakit (RS) kini juga terus mendorong agar layanan telemedicine bisa segera diimplementasikan secara luas. Pasalnya, beberapa platform telemedicine juga sudah bisa diakses di pasaran.

“BPJS Kesehatan pun, akan menggunakan telemedicine sebagai salah satu cara pelayanan,” kata Daniel kepada Media Indonesia.

Telemedicine ialah bagian dari kemajuan teknologi informasi di bidang kesehatan. Begitu juga Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran tentang pemanfaatan telemedicine di masa pandemi.

Konsil Kedokteran juga mengeluarkan Perkonsil 74/2020 tentang Kompetensi dokter dalam praktik telemedicine, BPOM mengeluarkan PER BPOM 8/2020 tentang Pengawasan Obat dan Makanan yang diedarkan secara daring. Majelis Kode Etik Kedokteran juga sudah mengeluarkan fatwa no 017/PB/K. MKEK/05/2020.

“Jadi, rumah sakit harus siap untuk menerima perkembangan ini, dan Kemenkes juga diharap segera mengeluarkan regulasi layanan telemedicine setelah masa pandemi berakhir,” sebutnya

Tetkait keberadaan telemedicine mampu menjadi solusi dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ke depan, Daniel tak memungkirinya. Namun, dia juga mengingatkan layanan kesehatan nihil tatap muka secara langsung ini juga ada keterbatasan.

“Kalau sudah dilaksanakan secara luas, bisa mengurangi sedikit antrean layanan tatap muka, tetapi saya pikir jumlahnya belum signifikan. Karena semua yang tindakan, harus hadir offline,” lanjutnya.

Apa pun alasannya, keberadaan telemedicine sudah mulai dirasa manfaatnya oleh masyarakat. Seorang pengguna telemedicine Sinta Alfa, 22, warga DKI Jakarta mengaku adanya aplikasi telemedicine sangat membantunya dalam berkonsultasi dan mendapatkan resep dokter.

“Selama ini kalau chat dengan dokter hanya dapat solusi dan dianjurkan periksa ke RS. Padahal, di RS juga ngomong-ngomong dan dikasih obat,” katanya, Rabu (25/11).

Dia menambahkan biaya konsultasi dengan menggunakan aplikasi telemedicine juga sangat terjangkau. Meskipun beberapa obat yang diresepkan dokter tergolong mahal.

“Saya sudah dapat resep bisa beli langsung atau diantar ke rumah. Alhamdulillah cocok, memang obatnya bagus dan harganya lumayan tapi hasilnya nyata,”
pungkasnya.

Seorang warga Ghaza Hizrian, 22, menyebut saat ini memanfaatkan telemedicine karena pandemi dan takut ke puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan

“Waktu coba-coba konsul di Halodoc, sedikit lega setelah mendapatkan jawaban dari dokter yang bertugas malam itu, mendapatkan obat yang direkomendasikan,” terangnya.

Menurutnya, menggunakan aplikasi telemedicine untuk konsultasi sebelum ke rumah sakit sangat membantu. Sebab, untuk keadaan darurat dan kondisi pandemi bisa cepat menangani keluhan sakit. (Fer/H-1).

 

Baca Juga

DOK MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

10,25 Juta UMKM sudah Masuk Ekosistem Digital

👤 Despian Nurhidayat 🕔Senin 18 Januari 2021, 04:55 WIB
TEKANAN ekonomi di 2020 akibat pandemi covid-19 diyakini bakal berlanjut di sepanjang 2021. Koperasi dan UMKM menjadi sektor yang paling...
ANTARA /RAHMAD

Mengintip Nasib Koperasi dan UMKM di 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 18 Januari 2021, 04:50 WIB
KEMENTERIAN Koperasi dan UKM siapkan empat program utama untuk membawa koperasi dan UMKM bertahan di bawah tekanan ekonomi sepanjang 2021...
ANTARA /Ahmad Subaidi

Gerak BUMN Melambungkan Usaha Wong Cilik

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 18 Januari 2021, 04:35 WIB
KEBERADAAN Badan Usaha Milik Negara memiliki makna strategis bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya