Senin 29 Mei 2023, 20:08 WIB

Pertemuan Zulhas-Mendag Jepang Bahasa Peningkatan Perdagangan Hingga Investasi di IKN

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Pertemuan Zulhas-Mendag Jepang Bahasa Peningkatan Perdagangan Hingga Investasi di IKN

Dok. kemendag
Mendag Zulkifli Hasan bertemu Menteri Ekonomi-Perdagangan-Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi

 

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan sangat optimistis hubungan perdagangan Indonesia dan Jepang masih dapat terus ditingkatkan.

Hal itu diungkapkan ZUlkifli dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi di sela rangkaian Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade (APEC MRT), Detroit, Amerika Serikat. 

Zulkifli mendorong perubahan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) sehingga kedepaan ketika Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada September 2023 atau ASEAN-Japan Commemorative Summit pada November 2023 telah rampung.

Baca juga : Zulkifli Hasan Ajak Mendag Kanada Percepat Penyelesaian Perundingan ICA–CEPA

“Indonesia optimistis hubungan baik kedua negara dapat terus ditingkatkan, terutama dengan adanya perjanjian dagang kedua negara seperti IJEPA, Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), dan ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership Agreement (AJCEP),” kata Zulkifli.

Zulkifli mengungkapkan, Indonesia mencatat permintaan Jepang atas akses pasar baja dan meminta agar Jepang dapat mengeliminasi tarif untuk empat pos tarif tuna kaleng. 

Baca juga : Hasilkan Perdagangan yang Lebih Baik, Indonesia dan Selandia Baru akan Amandemen AANZFTA

Terkait kerja sama ekonomi antara ASEAN dan Jepang, dirinya mengharapkan dukungan Jepang dalam Priority Economic Deliverables (PED) ASEAN 2023 dan RCEP Summit dan kegiatan Ceremonial Event to Commemorate Entry into Force of RCEP Agreement.

“Kami mengharapkan dukungan Jepang untuk PED ASEAN, yaitu ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) dan ASEAN Industrial Project-Based Initiatives agar sejalan dengan program Jepang,” kata Zulkifli.

Sementara itu, Menteri Nishimura Yasutoshi menyampaikan ketertarikan Jepang untuk menjalin kerja sama pada bidang energi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Dirinya juga menekankan kembali terkait penyelesaian kasus impor baja di Indonesia.

Pada 2022, total perdagangan Indonesia dan Jepang mencapai US$42,02 miliar. Ekspor Indonesia tercatat sebesar US$24,85 miliar dan impor Indonesia US$17,18 miliar. Indonesia mencatatkan surpus US$7,67 miliar.

Sementara itu, pada periode Januar-Maret 2023, total perdagangan Indonesia dengan Jepang mencapai USD 10,36 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang sebesar USD 6,07 miliar dan impor Indonesia dari Jepang US$4,29 miliar. Indonesia surplus US$1,77 miliar. 

Komoditas ekspor utama Indonesia ke Jepang antara lain batu bara, bijih tembaga, mate nikel, sisa dan skrap logam mulia, serta karet alam. 

Sementara komoditas impor utama Indonesia dari Jepang antara lain bagian dan aksesori kendaraan bermotor, kendaraan bermotor dalam keadaan terurai tidak lengkap, produk canai lantaian dari besi atau baja bukan paduan, produk canai lantaian dari baja paduan lainnya, serta mobil dan kendaraan bermotor lainnya. (RO/Z-5)

Baca Juga

Antara

Imbal Hasil Tinggi AS Picu Potensi Penambahan Beban untuk Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 27 September 2023, 23:35 WIB
TINGGINYA imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat (US Treasury) berpotensi menambah beban biaya bagi Indonesia di pasar portofolio...
Ist

Ninja Xpress Bantu Pelaku UKM Kuasai Pasar Lokal Hingga Global

👤Media Indonesia 🕔Rabu 27 September 2023, 23:23 WIB
Ninja Xpress menghadirkan beberapa inisiatif yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka...
AFP/Bay ISMOYO

Erick Thohir Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Industri Digital

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 27 September 2023, 23:20 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir melakukan aksi konkret untuk mentransformasi Indonesia menuju kemajuan. Salah satu yang dilakukan menghadirkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya