Kamis 30 Maret 2023, 22:40 WIB

Kemenperin Ungkap Beberapa Tantangan dalam Mendorong Hilirisasi Industri di Indonesia

Ficky Ramadhan | Ekonomi
Kemenperin Ungkap Beberapa Tantangan dalam Mendorong Hilirisasi Industri di Indonesia

MI/Adam Dwi
Sekjen Kemenperin Dody Widodo menjadi narasumber Executive Forum Media Indonesia (30/3/2023).

 

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) menyebut bahwa masih banyak yang perlu dibenahi dan juga terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam mendorong hilirisasi industri di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Doddy Widodo mengungkapkan, tantangan pertama yang harus dihadapi ialah terkait kesiapan infrastruktur dan juga kesiapan energi yang dimiliki Indonesia. Menurutnya, kesiapan tersebut tentunya untuk mendukung kegiatan-kegiatan smelter yang ada di Indonesia.

"Masih banyak yang perlu dibenahi dalam hilirisasi industri dan juga terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk mendukung hilirisasi di Indonesia. Terutama dalam kesiapan infrastruktur jalan, pelabuhan, dan listrik di luar Pulau Jawa untuk mendukung kegiatan smelter kita," ujar Doddy dalam acara Executive Forum: "Mengakselerasi Hilirisasi Industri" di Jakarta, Kamis (30/3).

Baca juga: Jokowi: Empat Negara Terlibat Pengembangan Smelter Nikel di Luwu Timur

Yang kedua, lanjut Doddy, kesiapan sumber daya manusia (SDM) sebagai operator smelter juga menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan hilirisasi di Indonesia. Lalu ketiga, kesiapan riset dan teknologi untuk mendukung hilirisasi smelter juga menjadi hal yang harus dipenuhi dalam hilirisasi.

Kemudian keempat, Doddy menuturkan, pengawasan dan pembinaan (wasdal) yang kontinu dan komprehensif juga harus ditingkatkan lebih baik dalam rangka mendukung daya saing industri yang lebih baik.

Baca juga: Pengusaha Optimistis Program Hilirisasi Dorong Capaian Target Investasi 2023 

"Tanpa wasdal yang baik tentunya membuat kita ngeri-ngeri sedap, karena hal tersebut akan menimbulkan ketakutan terhadap kurangnya kebutuhan untuk hilirisasi," tuturnya.

Ia melanjutkan, untuk kawasan industri sendiri juga harus mendekati bahan baku dan energi sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW). Kemudian hilirisasi industri juga harus dilanjutkan untuk sektor turunan smelter, seperti stainless steel, EV, ingot, aluminium, tube dan bar tembaga.

"Untuk turunan smelter ini, sampai sekarang itu masih tertatih-tatih. Oleh karena itu hal tersebut juga perlu kita dukung dengan cepat," kata Doddy.

Lebih lanjut, Doddy mengatakan, dalam pengolahan SHP juga masih belum terdapat pemanfaatan secara efektif terhadap sisa-sisa hasil pemurnian seperti red mud, terak, dross, dan monasit.

Baca juga: Kementerian Investasi Tetapkan 21 Komoditas Prioritas Hilirisasi, Ini Daftarnya

Selain itu, saat ini juga diperlukan dukungan logistik terhadap produk smelter, sehingga produk tersebut dapat tersalurkan ke seluruh Indonesia secara efisien tanpa harus melakukan ekspor.

"Sebenarnya pemerintah sudah memberikan dengan lengkap, tinggal permasalahan yang ada di turunannya saja. Ini tentunya harus kita benahi dan kita hadapi, kita tidak bisa mundur lagi dan apapun resikonya kita harus jalani bersama untuk mencapai hilirisasi ini," tuturnya. (Fik/Z-7)

Baca Juga

Ist/Pertamina

Wujudkan Pengelolaan Sampah Baik, Pertamina Hadirkan PLTS di TPS3R Desa Adat Kedonganan

👤Media Indonesia 🕔Senin 25 September 2023, 11:28 WIB
PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus DPPU Ngurah Rai memberdayakan masyarakat Desa Adat Kedonganan di Bali melalui pemanfaatan...
Dok Sinar Mas Land.

Monash University, Mekari, Digital Hub Inisiasi Beasiswa Inovasi Bisnis

👤Media Indonesia 🕔Senin 25 September 2023, 10:38 WIB
Monash University Indonesia, Mekari, dan Digital Hub BSD City mengumumkan beasiswa kolaboratif inisiatif bagi para profesional di...
Ist/Pos Indonesia

Pasar Akhir Pekan Pospay: Sembako Murah, Masyarakat Sesap Literasi Keuangan Digital

👤Media Indonesia 🕔Senin 25 September 2023, 10:17 WIB
Pasar Akhir Pekan Pospay menyediakan sembako dengan harga murah. Masyarakat bisa membeli menggunakan aplikasi QRIS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya