Jumat 20 Januari 2023, 18:56 WIB

Pengamat: Perlu Kewaspadaan Hadapi 2023 Terkait Ancaman Inflasi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pengamat: Perlu Kewaspadaan Hadapi 2023 Terkait Ancaman Inflasi

Ist
Pemerhati Politik dan Keamanan Publik Rommy Edward Pryambada.

 

KEPALA  Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengingatkan para kepala daerah bahwa pada 2023 sebagai tahun yang gelap dan penuh ketidakpastian.

Pada tahun 2023 adalah tahun yang dihantui oleh ancaman resesi dan inflasi. Yang dampaknya akan berpengaruh sampai ke daerah hingga pelosok-pelosok desa.

“istilah Intelijen disebut, Winter is Coming,” ujar kepala BIN Budi Gunawan dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (17/1) lalu.

Oleh karenanya, Budi Gunawan mengajak kepala daerah dan Forkopimda untuk melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi resesi dan inflasi.

Pemerhati politik dan keamanan publik, Rommy Edward Pryambada mengatakan, apa yang disampaikan Kepala BIN termasuk para ahli lainnya kemungkinan akan terjadinya resesi serta inflasi menjadi early warning bagi semua pihak, buka saja kepala daerah.

Baca juga: Perlu Diversifikasi Ekspor untuk Antisipasi Resesi Global

"Perang Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan termasuk tensi tinggi antara Tiongkok dan Taiwan sedikit banyak akan memberikan efek domino terhadap Indonesia seperti yang disampaikan oleh Kepala BIN," ucap Rommy dalam keterangan pers, Jumat (20/1)..

Rommy juga mengingatkan masyarakat untuk  lebih waspada terhadap kemungkinan tindakan-tindakan anarkis yang berlatar belakang ekonomi dan politik.

"Situasi nanti jika sesuai prediksi, maka rawan memunculkan kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada," jelasnya.

Di sisi lain, tingkat kejahatan di dunia siber akan semakin meningkat.

"Ketergantungan kita pada data dan informasi digital semakin memberikan peluang bagi pelaku kejahatan siber," jelas Rommy.

"Di sinilah nilai-nilai kesatuan bangsa harus intens dikumandangkan dalam menghadapi tantangan di 2023. Persoalan disintegrasi, intoleran, dan anarkisme  menjadi tanggung jawab semua pihak," kata Rommy. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

Antara

Basuki: 30 Proyek IKN Senilai Rp24 Triliun Sudah Teken Kontrak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:56 WIB
Beberapa konstruksi yang tengah dikerjakan antara lain Kantor Presiden dan Wakil Presiden, Kantor Kementerian, perumahan, jalan tol dan...
Ist

Dukung Pertumbuhan Fashion Lokal, MC Texstyle Gelar Promo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:19 WIB
Manav Chainani, selaku owner MC Texstyle mengatakan, promo tanggal kembar yang dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk mendukung...
Antara

Sri Mulyani: Pelaku Usaha Jangan Khawatirkan Tahun Politik

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:08 WIB
Menurutnya, Indonesia telah memiliki pengalaman yang matang dan mampu menjalankan pemilu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya