Selasa 17 Januari 2023, 20:27 WIB

BI Proyeksikan Inflasi Turun Jadi 3-4 persen di Semester II 2023

Mediaindonesia | Ekonomi
BI Proyeksikan Inflasi Turun Jadi 3-4 persen di Semester II 2023

MI/ Moh Irfan
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

 

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan inflasi pada tahun 2023 secara nasional akan turun menjadi kurang lebih dalam rentang 3 persen sampai 4 persen di semester II 2023.

"Tetapi di paruh pertama tahun ini inflasi khususnya untuk pangan masih tinggi beserta inflasi harga-harga yang diatur pemerintah (admisitered prices), sehingga perlu dikendalikan," ujar Perry dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, hari ini.

Pada tahun ini, terdapat dua pulau yang kemungkinan mengalami penurunan inflasi yakni Kalimantan yang disebabkan revisi ke bawah pertumbuhan ekonomi, cuaca yang lebih kondusif, dan penurunan biaya pupuk serta Jawa yang diakibatkan realisasi inflasi yang lebih dalam terutama inflasi pangan dan mempertimbangkan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang lebih rendah.

Kendati demikian, Perry menyatakan terdapat tendensi inflasi yang naik untuk Bali dan Nusa Tenggara, Sumatera, serta Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) sehingga perlu dilihat terlebih dahulu berbagai faktor-faktornya.

Faktor yang dimaksud terutama untuk harga makanan, masalah cuaca, keseimbangan antar daerah, dan ketersediaan pasokan maupun distribusi barang yang harus diperhatikan.

Baca juga: Ekonom UGM Ajarkan Jurnalis Tips Menghitung Ekonomi Makro

Untuk Bali dan Nusa Tenggara, kecenderungan peningkatan inflasi disebabkan oleh percepatan pemulihan ekonomi seiring peningkatan sektor pariwisata, sedangkan di pulau Sumatera terdapat prospek konsumsi domestik yang lebih tinggi dan penyesuaian harga cukai rokok tahun 2023.

Sementara untuk Sulampua, perkiraan naiknya inflasi disebabkan perbaikan daya beli dan permintaan, terutama didorong kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan cukai rokok.

Di sisi lain untuk inflasi harga diatur pemerintah, ia mengungkapkan masalah air di daerah, hingga ongkos transportasi perlu dikendalikan

"Berbagai risiko mengenai inflasi inti, kami akan mengendalikan dari sisi moneter berkoordinasi dengan pemerintah," ucap dia.(Ant/OL-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

Menkop UKM: Revisi UU Perkoperasian Agar Tidak Ada Penjahat Keuangan di Koperasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:46 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan rencana pemerintah untuk melakukan revisi Undang-Undang...
MI/Adam Dwi.

IHSG Berpeluang Terkoreksi Dipengaruhi Penjualan Ritel Desember

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:38 WIB
Konsensus memperkirakan data penjualan eceran Indonesia tumbuh 3,0% year on year (yoy) dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 1,3%...
Dok. Oona Insurance

Wajah Baru Asuransi ABDA, kini Rebranding Jadi OONA Insurance

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:30 WIB
“Rebranding menandai awal dari perjalanan transformasi kami untuk menjadi salah satu perusahaan asuransi umum yang paling tangguh di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya