Jumat 13 Januari 2023, 16:30 WIB

Peluang Maklon Herbal, Toga Nusantara Tawarkan Distributor Eksklusif

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Peluang Maklon Herbal, Toga Nusantara Tawarkan Distributor Eksklusif

DOK Pribadi.
Aceng.

 

PERMINTAAN pasar terhadap ramuan herbal, obat tradisional, maupun pangan olahan lain untuk menjaga kesehatan terus meningkat. Para pelaku bisnis ramuan herbal segera menangkap peluang ini dengan terus melakukan upaya-upaya perluasan pasar. 

Karena itu, Toga Nusantara, produsen ramuan herbal, obat tradisional, dan pangan olahan, menawarkan kerja sama sebagai distributor eksklusif produk-produknya. Antusiasme dan penyerapan pasar yang terus melakukan repeat order (pesan berulang) menunjukkan progres menggembirakan membuktikan konsumen merasa cocok dengan produk Toga Nusantara. 

"Sebagai distributor eksklusif, mitra akan mendapatkan fasilitas free registrasi, quantity (jumlah) bisa lebih rendah dari minimal order. Misalkan biasanya minimal 20 ribu botol, khusus pada kesempatan ini hanya dengan 500 ribu botol distributor sudah bisa punya produk sendiri, brand sendiri, bisa menentukan harga sendiri," ujar Aceng, Owner Toga Nusantara, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1). 

Sebagai distributor eksklusif, imbuh Aceng, mitra tidak perlu repot mengurus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Semua proses administrasi akan dilakukan oleh Toga Nusantara, sehingga tanpa perlu berinvestasi membuat pabrik mitra sudah memiliki produk herbal, obat tradisional, dan pangan olahan sendiri lengkap dengan izin edarnya. 

Para pelaku bisnis antusias menyambut peluang ini. Bergantian puluhan mitra bisnis dan pelaku usaha ritel herbal yang hadir mengajukan pertanyaan seputar produk dan pola kerja sama yang ditawarkan Toga Nusantara. Sedikitnya ada 25 jenis produk berizin BPOM yang ditawarkan kepada mitra sebagai distributor eksklusif. Tiga produk di antaranya sudah langsung dipinang mitra yang hadir yakni Madu Sehat Pria (membantu keluhan disfungsi ereksi), Pusaka Bening (antijerawat), dan Propolis Plus yang sudah dikenal luas khasiatnya. "Masih ada lagi produk potensial lain di antaranya Obajan (melancarkan sirkulasi darah untuk kesehatan jantung/kardiovaskuler), Ratu Wangi (membantu mengatasi masalah kewanitaan), Teh Empat Herba (membantu mengatasi kencing manis), Teh Daun Slim (membantu mengurangi lemak dalam tubuh), dan masih banyak lagi lain," kata Aceng. 

Bukan pemain baru, Toga Nusantara ialah pioner dalam industri herbal dan pangan olahan di Tanah Air. Ida Suhadi dan perusahaannya Sentra Biogen, Bandung, sudah bermitra dengan Toga Nusantara selama lebih satu dasawarsa dan masih berlanjut hingga kini. Bagi Ida yang pernah menjadi pengajar pada Lab.Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Toga Nusantara menjaga integritas dalam menjalankan bisnis ini. "Bisnis dengan Toga Nusantara membuat tenang. Bahan baku (formula) tidak dicampur dengan bahan lain dan tidak membocorkan rahasia." 

Hal itu penting mengingat Ida yang aktif di Komisi Tetap Food & Beverage Kadin Jawa Barat dan Gabungan Perusahaan Ekspor Impor ialah penemu ekstrak Satoimo (talas Jepang). Tanaman dengan kandungan 17 asam amino dan hyaluronic acid yang memiliki khasiat untuk nyeri sendi dan kecantikan kulit. Ida telah menikmati kerja sama maklon ini. "Sebelum pandemi covid-19 sempat tembus 30 ribu botol per pekan, lewat pemasaran terbatas." 

Kualitas dan khasiat produk herbal bergantung pada kemurnian bahan baku yang digunakan. CEO PT Berkah Alami Nusantara, Agus Hidayat, salah satu pemasok ekstrak herbal berbahan tanaman dan hewani menyebut, suplai ekstrak bahan alam produksinya ke Toga Nusantara setiap tahun terus meningkat. "Berarti formula produk-produknya disukai. Orang melakukan repeat order berarti dirasakan khasiatnya. Toga Nusantara memang sudah dikenal luas di industri herbal nasional." Ada sedikitnya 50 ekstrak bahan alam yang disuplai ke Toga Nusantara sejak 10 tahun lalu, di antaranya temu lawak, kunyit, pegagan, sambiloto, sirih, dan teripang. 

Di sisi lain, Toga Nusantara juga mengenalkan anak usahanya Toga Food Nusantara. Memulai bisnis sebagai produsen pangan olahan sejak 2020, pabrik Toga Food telah tersertifikasi BPOM dan Halal Grade A. Toga Food berfokus pada produksi minuman fungsional/functional food seperti minuman fiber drink, kolagen drink, ASI booster, serta minuman serbuk lain. Untuk meningkatkan penjualan, Toga Food Nusantara juga melakukan kolaborasi dengan internet marketer. Dengan begitu produk-produk Toga Food akan lebih mudah diterima pasar. 

Sejak 2010, CV Toga (Tanaman Obat keluarga) Nusantara telah memproduksi berbagai macam obat herbal berbentuk kapsul atau sediaan lain yang dikemas secara modern, diproses secara higienis, bersertifikat halal dari LPPOM MUI, dan bersertifikat izin edar dari BPOM. Hingga kini CV Toga Nusantara memproduksi lebih dari 150 produk yang telah teregistrasi izin edar BPOM dan disertifikasi halal oleh MUI. Produk best seller CV Toga Nusantara di antaranya Daun Kelor TN57, Toga Aini, Kapsul Minyak Zaitun TN57, Pasak Bumi Plus, dan lainnya yang tersebar di apotek dan toko herbal di seluruh Indonesia. Selain memproduksi berbagai macam obat herbal, CV Toga Nusantara juga memberikan jasa maklon. 

Bagi perusahaan atau perorangan yang memiliki ide bisnis obat herbal tetapi bingung harus memulai, CV Toga Nusantara akan membantu merealisasikan ide bisnis tersebut. CV Toga Nusantara menawarkan kerja sama dengan sistem maklon terbaik. Perusahaan yang beralamat di Jalan Mess AL, Gang Rawa Macan Nomor 57, Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, ini terus berinovasi, baik di bidang marketing maupun produk. Di tengah pasar yang makin kompetitif, perusahaan menargetkan menguasai pasar 10% dari penduduk Indonesia untuk mengonsumsi produk dari CV Toga Nusantara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai CV Toga Nusantara, informasi maklon dan berbagai produk CV Toga Nusantara, silakan kunjungi website https://www.toga-nusantara.com/ dan akun media sosial Instagram dengan nama @toganusantara.official. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Workshop Scalling UP, SMKPPN Tempa Calon Wirausaha Muda Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:01 WIB
BADAN Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bersama Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar...
DOK pribadi.

Akselerasi Pebisnis Kuliner Bandung, ESB Hadir di BIFHEX 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:08 WIB
ESB menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung...
Dok MI

Industri Layanan Pernikahan Berpotensi Menjadi Panggung Bisnis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:01 WIB
Industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis, mengingat tingginya angka pernikahan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya