Jumat 06 Januari 2023, 15:52 WIB

Menkeu Janji Pajak Natura Diterapkan Adil

Indriyani Astuti | Ekonomi
Menkeu Janji Pajak Natura Diterapkan Adil

AFP
Menkeu Sri Mulyani saat menjadi pembicara di forum G20.

 

PEMERINTAH resmi akan memperhitungkan pajak natura atau kenikmatan sebagai objek pajak bagi pihak penerima. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya telah banyak menerima masukan terkait skema pengenaan pajak natura dalam ketentuan teknis di level Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang akan disusun. Ia menjanjikan pajak natura akan dikenakan secara adil. 

"Kita belum membahas nanti antarlembaga. Ya nanti kita akan formulasikan ya jelas tentu supaya memberikan kepastian dan keamanan (dalam penarikan pajak)," terang Sri Mulyani ketika ditemui di kompleks istana, Jakarta, Jumat (6/1).

Baca juga: 

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan Kementerian Keuangan telah mengoordinasikan dengan berbagai pihak. Ia menekankan bahwa natura tidak akan memberatkan karyawan. 

"Nanti ya yang paling penting karena itu yang ditujukan bukan pada natura yang kecil-kecil atau merupakan bagian dari kompensasi yang memang diterima oleh banyak karyawan," ucap Menkeu.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP), menegaskan pemberian imbalan dalam bentuk natura dan/atau kenikmatan dari perusahaan ke karyawan sebagai objek pajak penghasilan. UU HPP menegaskan biaya pengganti atau imbalan yang diberikan dalam bentuk natura dan/atau kenikmatan yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan usaha, dapat dikurangkan dari penghasilan bruto pemberi kerja.

Pemerintah kemudian menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55/2022 tentang Penyesuaian Pengaturan di Bidang Pajak Penghasilan yang efektif per 1 Januari 2023. Pemberi kerja wajib menghitung, melaporkan, dan membayarkan PPh atas imbalan berupa natura/kenikmatan yang diberikan ke karyawan mulai tahun 2022. (OL-6)

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:38 WIB
Para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor...
ANTARA

Kepemimpinan Kuat Erick Thohir Sedot Investor Besar Dari Luar Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:23 WIB
BUAH kepemimpinan Erick Thohir tiga tahun menahkodai Kementerian BUMN menuai banyak hasil gemilang. Berkat kebijakan Erick Thohir, sejumlah...
Dok. Pribadi

Harga Freight Turun, Hiro Handelaar Indonesia: Kabar Baik Untuk Expor Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:58 WIB
"Kami bersyukur dampak ini baik untuk semua pihak. Pesanan untuk barang-barang di pabrik akan kembali naik. Para importir dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya