Selasa 06 Desember 2022, 14:08 WIB

Pegiat Startup Apresiasi Keberhasilan Jokowi Dorong UMKM Go Digital

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pegiat Startup Apresiasi Keberhasilan Jokowi Dorong UMKM Go Digital

Antara
Presiden Joko Widodo

 

UPAYA Presiden Joko Widodo alias Jokowi mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia mulai berbuah hasil. Program itu memberikan wadah berbagai platform e-commerce bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia untuk memasarkan produknya

Keinginan Presiden Jokowi agar UMKM go digital ini diakui sebagai terobosan bagus dalam mengikuti pergerakan zaman.  

Pegiat Startup Febryan Wishnu mengatakan, banyaknya produk-Produk UMKM go digital tidak lepas dari perhatian Pemerintah mengingat UMKM saat ini menjadi tonggak perekonomian Indonesia. 

“Sebuah terobosan yang baik dari pemerintah, mengingat UMKM saat ini menjadi salah satu tonggak perekonomian Indonesia. Pada saat pandemi covid-19 ekonomi digital terbukti menjadi salah satu pilar ekonomi di Indonesia,” kata Wishnu saat dihubungi, Selasa (6/12).

Menurut Wishnu, perkembangan bisnis digital terus mengalami trend positif pasca pandemi covid-19, banyak pelaku usaha (UMKM) beralih ke digital karena hal tersebut sangat memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis.

“Perkembangan bisnis digital di Indonesia tumbuh sangat cepat. Mobilitas masyarakat yang terbatas karena Pandemi Covid 19 mendorong munculnya kreativitas dan inovasi. Para pelaku usaha yang tetap survive di era ekonomi digital adalah mereka yang bisa beradaptasi dan berkreasi dengan menggunakan teknologi digital,” ujarnya.

Wakil Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Banten ini mengakui, perkembangan UMKM digital tidak hanya di perkotaan namun juga di pelosok desa. Ini tak lepas dari pembangunan infrastruktur jaringan internet oleh Pemerintah yang merata, dari kota hingga ke pelosok desa. 

“Saat ini, internet sudah mencapai ke seluruh daerah yang ada di Indonesia, dan internet inilah kunci utamanya. Menurut saya yang menjadi permasalahan ada dibanyaknya pelaku bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang belum melek digital. Peran penting pemerintah dan e-commerce sangat dibutuhkan untuk memberikan mereka pemahaman mengenai digital,” ucapnya. 

Sebagai contoh, kata Wishnu, para pelaku usaha di Banten terus mencari cara agar produk mereka bisa bersaing dengan produk yang lain. Bahkan, hasil desain baju bermotof kedaerahan sudah tampil di event internasional. 

“Kualitas produk Banten saat ini tidak kalah kualitasnya dibandingkan buatan asing. Tetapi kami terus dan terus mendorong para pelaku UMKM di Banten agar kualitasnya semakin baik,” akuinya.

“Produk UMKM dalam negeri sudah memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dari produk asing. saya harap program ini tidak hanya memikirkan bagaimana Pelaku UMKM masuk ke Platform digital, tetapi bagaimana mereka bisa meningkatkan penjualan agar UMKM tidak hanya naik kelas tapi UMKM bisa juara 1,” jelasnya.

Wishnu pun mengapresiasi Presiden Jokowi yang sudah memberikan perhatian serius kepada perkembangan UMKM, yaitu dengan memberikan stimulus berupa bantuan modal dari Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) serta menggalakkan berbagai pelatihan.

Selain itu, Jokowi juga memberikan ruang bagi produk-produk UMKM di dalam e-katalog pengadaan pemerintah.

Perhatian itu, lanjut Wishnu, harus dikuatkan dengan pelatihan dan sosialisasi yang masif agar para pelaku usaha yang belum paham digital bisa belajar. 

“Dengan adanya program pemerintah lewat Himpunan Bank milik negara (HIMBARA) sangatlah bagus. Bahkan akan lebih baik lagi jika pemerintah mau menggandeng para organisasi atau asosiasi UMKM yang ada di daerah untuk bisa berkolaborasi, dengan harapan semakin banyak pelaku UMKM yang Go Digital,” pungkasnya. (RO/OL-1)

Baca Juga

Ist/Bea Cukai

Berkat IK-CEPA, Impor Bahan Baku dari Korsel Diberikan Tarif Bea Masuk 0 Persen 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:44 WIB
Hatta Wardhana menjelaskan bahwa PMK 228 Tahun 2022 telah diundangkan pada 30 Desember 2022 dan mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari...
Ist/Bea Cukai

Simak Pokok-Pokok Tata Laksana Arus Barang pada Kawasan Ekonomi Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:34 WIB
Sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan pengawasan optimal melalui...
Ist

Kiat Sukses CMK Kembangkan Bisnis Ritel Perhiasan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:26 WIB
Kualitas produk selalu ditingkatkan karena merupakan komitmen kami, bahkan menjadi tanggung jawab kami terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya