Senin 07 November 2022, 13:29 WIB

BPS: Ekonomi Kuartal III Tumbuh 5,72% secara Tahunan

Ficky Ramadhan | Ekonomi
BPS: Ekonomi Kuartal III Tumbuh 5,72% secara Tahunan

Antara/Oky Lukmansyah.
Pekerja menyelesaikan proses menjahit kain di salah satu industri garmen, Tegal, Jawa Tengah.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2022 mencapai 5,72% secara tahunan year on year (yoy). Ini merupakan pertumbuhan yang lebih tinggi dari pertumbuhan pada kuartal II sebesar 5,44% secara tahunan. Hasil itu pun melampaui capaian pada kuartal sama tahun sebelumnya sebesar 3,51% secara tahunan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan perekonomian Indonesia berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal III 2022 atas dasar harga berlaku (ADHB) tercatat sebesar Rp5.091,2 triliun. Kemudian, bila dilihat atas dasar harga konstan (ADHK) tercatat Rp42.976,8 triliun. 

"Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi indonesia pada triwulan III jika dibandingkan dengan triwulan II atau secara kuartal ke kuartal (Q to Q) tumbuh sebesar 1,81%," ujar Margo dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/11).

Margo melanjutkan, jika dibandingkan dengan kuartal III 2021 atau secara tahunan, ekonomi Indonesia III 2022 tumbuh sebesar 5,72%. "Secara kumulatif pertumbuhan triwulan I hingga triwulan III 2022 dibandingkan dengan triwulan I hingga III 2021 tumbuh 5,40%," jelasnya.

Margo mengatakan, walaupun di tengah inflasi global dan ancaman resesi, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menandakan tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut dan semakin menguat. "Dengan pertumbuhan ekonomi yang impresif ini, tren pertumbuhan ekonomi tahunan semakin kuat dan menuju pemulihan," ucap Margo. (OL-14)

Baca Juga

Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Jadi Bantalan Pengaman Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:47 WIB
BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan mereka yang terkena PHK itu harus segera ditangani dengan Jaminan Kehilangan Pekerjaan...
Antara/M Ibnu Chazar.

Potensi Hanjeli sebagai Alternatif Bahan Pokok Beras

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:17 WIB
Pemerintah diminta memperkenalkan aneka komoditas lokal pengganti beras dengan komoditas lain yang setelah diteliti dan justru punya...
ANTARA FOTO/	FENY SELLY

Wapres Ungkap Strategi Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 04 Desember 2022, 17:41 WIB
Pemerintah saat ini terus meningkatkan implementasi program padat karya untuk menyerap tenaga kerja yang bakal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya