Minggu 06 November 2022, 17:30 WIB

Menhub Tinjau Revitalisasi Museum Transportasi di Kawasan TMII

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Menhub Tinjau Revitalisasi Museum Transportasi di Kawasan TMII

Antara
Pekerja berjalan di area danau kawasan TMII, Jakarta.

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Museum Transportasi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang telah selesai dilakukan revitalisasi. 

Adapun proyek revitalisasi museum yang dikelola Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, dilakukan sejak April 2022. Itu bersamaan dengan revitalisasi TMII secara keseluruhan. Direncanakan, kawasan TMII akan dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir 2022.

Revitalisasi yang dilakukan meliputi bangunan luar, lanskap, desain interior, serta penambahan koleksi museum dan fasilitas pendukung lainnya. Tujuan revitalisasi ialah menambah daya tarik pengunjung.

Baca juga: Setujui Revitalisasi Halte HI, Anies Ingin Bundaran HI Semakin Ikonik

Untuk menggencarkan sosialisasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, lanjut Budi, akan dipamerkan berbagai jenis kendaraan listrik di area Museum Transportasi. “Kami mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Minggu (7/11).

Museum Transportasi memiliki luas sebesar 6.25 hektar, yang meliputi ruang pamer indoor dan outdoor. Diresmikan pertama kali pada 1991, museum tersebut dibangun untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, serta memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi Indonesia.

Baca juga: TWC Buka Suara Soal Tunggakan Pesangon Karyawan TMII

Diketahui, Museum Transportasi termasuk salah satu museum di TMII yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Punya banyak spot menarik, museum ini sering menjadi tempat berkumpul para pelajar maupun komunitas, seperti komunitas fotografi.

Dengan semakin bervariasinya fasilitas setelah revitalisasi, pengunjung museum juga diharapkan bertambah banyak. Serta, dapat menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap perkembangan transportasi Indonesia.

Pada kunjungannya, Budi juga menjajal mobil listrik Wuling bertipe Air EV. Dirinya mengapresiasi para produsen otomotif, yang telah mendukung percepatan implementasi kendaraan listrik secara massal di Indonesia.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...
Dok.Samanea Group

Samanea Hybrid Trade Outlet Perkuat Rantai Pasok dengan Jaringan Pemasaran Global

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:50 WIB
Samanea Group  mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce  kuat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya