Jumat 23 September 2022, 15:57 WIB

Pertalite Disebut Lebih Boros Usai Naik Harga? Hoax, Ini Faktanya

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pertalite Disebut Lebih Boros Usai Naik Harga? Hoax, Ini Faktanya

dok.Ant
Pengendara melintas di dekat papan informasi harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/

 

BAHAN Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite yang mendapat subsidi dari pemerintah diisukan menjadi lebih boros setelah adanya penyesuaian harga. Isu tersebut muncul di media sosial.

Terkait soal ini Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan bahwa isu tersebut tidak benar. Sebab, tidak ada perubahan spesifikasi pada produk Pertalite (RON 90).

"Adapun standar dan mutu BBM Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri,” ujar Irto dalam keterangannya, kepada wartawan, Jumat (23/9).

Irto menyampaikan, kualitas seluruh jenis BBM bisa berubah jika temperatur penyimpanan meningkat.

“Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (destilasi) Pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celcius. Secara umum produk Pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat temperatur 50 derajat Celcius, Pertalite sudah bisa menguap hingga 10 persen,” kata Irto.

Untuk menghindari perubahan kualitas itu, Irto mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop.

Imbauan tersebut, jelar Irto, agar BBM yang dibeli konsumen terjamin kualitas dan keamanannya.

"Melalui lembaga penyalur resmi (SPBU dan Pertashop), Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” kata Irto. (OL-13)

Baca Juga: Pemerintah Optimistis Mampu Tekan Inflasi di Bawah 5%

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi IX Minta Kejelasan Penyajian Data Tenaga Kerja Asing di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:47 WIB
Kejelasan data itu penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang...
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus K

BI Berupaya Kendalikan Inflasi

👤M Ilham Ramadhan A 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:23 WIB
"Kami terus terang sudah mempunyai proyeksi inflasi pascakenaikan BBM subsidi sampai akhir 2023. Kami melakukan tracking sesuai survei...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM di The Breeze BSD

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:22 WIB
Festival UMKM tahun ini mengusung tema Kolaborasi UMKM Menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat yang selaras dengan semangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya