Jumat 26 Agustus 2022, 23:34 WIB

Bahlil: UMKM Benteng Pertahanan RI Saat Hadapi Krisis

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bahlil: UMKM Benteng Pertahanan RI Saat Hadapi Krisis

Antara
Pekerja menjemur bahan olahan dari singkong yang dibuat menjadi tepung tapioka.

 

MENTERI Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut sektor UMKM sebagai benteng pertahanan ekonomi Indonesia ketika menghadapi krisis.

Lebih lanjut, dia menilai pelaku UMKM mejadi penyelamat ekonomi Indonesia saat krisis ekonomi melanda pada 1998. Lalu, yang terbaru krisis akibat pandemi covid-19.

"UMKM di Indonesia adalah sebuah bentuk pertahanan ekonomi nasional. Kenapa? Karena telah teruji, UMKM mampu menyelamatkan ekonomi nasional pada krisis 1998," ujar Bahlil, Jumat (26/8).

Baca juga: Pesan Menkeu Bagi Yang Mampu: Jangan Konsumsi BBM Subsidi

Saat itu, lanjut dia, tingkat inflasi Indonesia mencapai 88%, sehingga menyebabkan semua perusahaan pailit. Bahkan, tidak mampu lagi menjalankan roda usaha. Saat itu, hanya UMKM yang mampu bertahan dari krisis dan mampu mendukung ekonomi nasional.

Kemudian, pada awal pandemi covid-19, kondisi sulit kembali melanda Indonesia. Banyak perusahaan besar yang tidak bisa lagi mengoptimalkan usahanya.

"UMKM juga yang menyelamatkan ekonomi nasional. Saya punya keyakinan, tidak hanya di Indonesia. Kalau bicara keadilan ekonomi, hampir semua negara akan melakukan hal yang sama," imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 10 Juta Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMKM

Dengan besarnya peran tersebut, lanjut dia, sudah saatnya pengusaha besar dan UMKM untuk saling mendukung. "Tidak bisa lagi pengusaha besar berjalan sendiri, tanpa melibatkan UMKM. Investasi yang sehat, investasi berkualitas itu apabila ada sinergitas," jelas Bahlil.

Pihaknya telah membuat kebijakan untuk mendorong adanya kolaborasi antara pengusaha besar dan pengusaha kecil. Selama ini, belum ada aturan mengenai hal tersebut. BKPM pun ingin mengadopsi dari negara anggota G20 lainnya, seperti Jepang dan Korea Selatan.

"Sudah saatnya kita menjaga mereka (UMKM) dan bisa mendorong mereka untuk naik kelas," katanya.(Ant/OL-11)

Baca Juga

Antara

Bank Mandiri belum Berencana Naikkan Suku Bunga Kredit

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:35 WIB
Pasalnya, kinerja perseroan sejauh ini, termasuk aspek profitabilitas, masih tergolong positif. Kendati demikian, Bank Mandiri tetap...
AFP

Kebijakan Moneter The Fed Kian Ketat, Perdagangan Aset Kripto Lesu

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:06 WIB
Pergerakan aset kripto terlihat terpengaruh oleh market saham AS yang berkinerja buruk. Hal itu mengindikasikan investor sedang menghindari...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Erick Thohir: Pendapatan BUMN Tahun Lalu Capai Rp2.292,5 Triliun

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 28 September 2022, 15:53 WIB
Erick Thohir mengatakan peningkatan tersebut berkat transformasi dan restrukturisasi yang telah dilakukan Kementerian BUMN terhadap seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya