Selasa 26 Juli 2022, 09:02 WIB

Pelajari Skill Wajib di Era Digitalisasi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pelajari Skill Wajib di Era Digitalisasi

flow-online.co.uk
Ilustrasi

 

Sebagai pilar dalam indeks informasi dan literasi data kemampuan masyarakat untuk mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan setiap data kemudian mendistribusikannya dianggap penting. Namun Survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 menyebutkan sub indeks keahlian dari tiga indikator Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia memiliki skor paling rendah.

Sementara itu We Are Social dan HootSuit per Februari 2021 mengungkap peningkatan jumlah pengguna internet menjadi 204,7 juta atau sekitar 73,7% dari populasi Indonesia. Dengan fakta tersebut kecakapan digital masyarakat Indonesia harus terus ditingkatkan.

Adapun individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital. Termasuk menggunakan mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan, dan media sosial, serta dompet digital, lokapasar dan transaksi digital.

"Era digitalisasi sudah menggeser paradigma offline. Tempat transaksi pun sudah bergeser, mal jadi sepi dan pasar modern sudah banyak yang tutup. Tergantikan marketplace, transaksi lewat media digital tambah ramai," kata Dekan IAI Dalwa dan Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji di Kediri, Jawa Timur, pada Senin (25/7/2022).

Keadaan tersebut ditenggarai perubahan aktivitas masyarakat yang memang sudah berpindah ke online. Tak hanya itu, jenis pekerjaan di era digital juga berubah. Bahkan beberapa pekerjaan seperti telemarketing, pengantar surat, teller bank, kasir, diprediksi akan punah berganti jenis bidang pekerjaan baru. Sementara tren profesi saat ini beralih menjadi social media specialist, content creator, cyber security enginer, dan digital marketing.

Masyarakat tentu harus beradaptasi dengan perubahan. Berbagai jenis keahlian di abad 21 perlu dipelajari agar bisa bertahan dalam persaingan yang semakin luas. Seperti kemampuan kreatif berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi yang makin dibutuhkan. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan Konsumsi Pertalite

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:51 WIB
Hal itu penting untuk dilakukan agar beban subsidi dalam postur APBN tidak semakin membengkak. Diketahui, belanja untuk subsidi energi...
Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya