Sabtu 04 Juni 2022, 21:23 WIB

Waspadai Suplai Rumah belum Penuhi Kebutuhannya setiap Tahun

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Waspadai Suplai Rumah belum Penuhi Kebutuhannya setiap Tahun

DOK REI Bekasi.
Kiri ke kanan: Tuti Mugiastuti, Asmat Amin, Ali Tranghanda, dan Kepala Kanwil 1 BTN Edward Alimin Sjarif.

 

KEBUTUHAN rumah sekarang di Indonesia sangat besar sekitar 12,7 juta unit. Setiap tahun kebutuhan rumah sekitar 800 ribu sampai 1 juta. Padahal suplai setiap tahun sekitar 400 ribu dan tidak lebih dari 500 ribu. 

Itu disampaikan tokoh perumahan rakyat, Asmat Amin, dalam Halalbihalal & Outlook Property 2022 yang diadakan Komisariat REI Bekasi, Cikarang, Kamis (2/6). "Suplai itu sudah termasuk rumah subisidi, nonsubisidi, dan swadaya, ujar Asmat Amin yang banyak bergelut di perumahan subsidi.

Asmat mengingatkan kalau tidak ada terobosan dari pemerintah, perbankan, dan OJK, masalah perumahan tersebut dalam waktu 5-10 tahun ke depan akan meledak menjadi masalah sosial. Ini harus menjadi perhatian REI ke depan. "Untuk calon presiden dan wakil presiden harus orang yang men-support properti di Indonesia. Siapa yang men-support properti, itulah yang kita support," ujar Asmat yang juga Chairman Arrayan Group. 

Pengamat properti Ali Tranghanda melihat, suka tidak suka, properti akan terpengaruh pada situasi politik yang puncaknya di 2024. Pada 2023 situasi politik bakal semakin panas karena memasuki 2024 akan ada pilpres. Sekarang saja di 2022 sudah mulai terasa panas politik. Kalau pertengahan 2023 orang-orang sudah mulai fokus ke politik, ia memperkirakan seharusnya ledakan properti ada di semester satu dan semester dua 2022. 

Menyambut peluang itu, Ketua Komisariat REI Bekasi Tuti Mugiastuti berencana menggelar Property Expo Bekasi yang akan digelar di daerah tersebut. Menurut Tuti, pengalaman ketika diadakan Expo Property di Jakarta, banyak pengunjung yang melihat proyek properti di Bekasi sebagai lokasi yang jauh. Mungkin, imbuhnya, kebanyakan pengunjung dari Jakarta. Ini yang mendorong REI Bekasi mengadakan pameran properti khusus untuk daerah dan diadakan di Bekasi. "Kami menargetkan Juli, bulan depan sudah terselenggara Property Expo Bekasi," ujar Tuti. 

Baca juga: Inflasi dan Potensi Resesi Tekan Lebih Dalam Wall Street

Acara halalbihalal dan diskusi itu merupakan pertama kali dilakuakn REI Bekasi setelah dua tahun vakum tidak ada kegiatan akibat pandemi. Kegiatan ini dipersiapkan secara mendadak hanya dua hari tetapi mampu menghadirkan 99% dari 74 anggota REI Bekasi. Ajang yang didukung oleh BTN dan BTN Syariah ini juga dihadiri semua kepala cabang BTN di wilayah Kabupaten Bekasi. "Sekarang anggota REI Bekasi sudah bangkit kembali setelah lesu akibat pandemi. Ini terlihat dari antusiasme mereka yang datang ke acara ini. Saat ini jualan anggota REI Bekasi sedang meningkat," ujar Tuti. 

Dalam sambutannya, Tuti juga membeberkan berbagai program kegiatan sosial yang dilakukan REI Bekasi. Kegiatan sosial yang dilakukan REI Bekasi, seperti santunan untuk mereka yang terkena musibah, pemberian bantuan ke panti-panti, pembagian seribu Al-Qur'an. Sebelum pandemi, pihaknya memberikan santunan Rp100 juta kepada Yayasan Tahfidz Indonesia. Ada agenda yang tertunda akibat pandemi yaitu mengadakan bedah rumah sebagai program REI Bekasi. "Kenapa bedah rumah? Ini karena ada beberapa pengajuan yang sampai ke REI Bekasi yaitu rumah warga yang harus kita bantu renovasi," tandas Tuti. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Permintaan Properti Komersial Naik, Sinar Mas Land Luncurkan Ruko Greenwich Business Park

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:50 WIB
Menyambung keberhasilan tersebut, Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru di BSD City yakni Greenwich Business...
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Ekonomi Riau Naik Tinggi Karena Sektor Pertanian Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:48 WIB
Pada triwulan I tahun 2022 pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau sukses menepati peringkat lima terbesar...
MI/HENDRI KREMER

Batam Bukukan Kontribusi 79,16% dari Total Realisasi PMA di Kepulauan Riau

👤Hendri Kremer 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:40 WIB
Realisasi investasi Semester I PMA sebesar 82,86% dengan nilai mencapai Rp5,116...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya