Jumat 13 Mei 2022, 17:48 WIB

BI Pastikan Sistem Keuangan Nasional Tetap Terjaga

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BI Pastikan Sistem Keuangan Nasional Tetap Terjaga

MI/Susanto
Deretan gedung-gedung perkantoran di kawasan bisnis Jakarta.

 

BANK Indonesia (BI) baru saja meluncurkan buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No.38 “Sinergi dan Inovasi Untuk Mengakselerasi Pemulihan Intermediasi dan Menjaga Ketahanan Sistem Keuangan".

Adapun buku tersebut menjelaskan tentang stabilitas sistem keuangan Indonesia yang tetap terjaga. Khususnya, di tengah pemulihan perekonomian global dan domestik yang masih dibayangi berbagai tantangan.

"Sinergi kebijakan menjadi kunci stabilnya sistem keuangan, yang diwujudkan melalui bauran kebijakan nasional yang akomodatif," jelas Gubernur BI Perry Warjiyo, Jumat (13/5).

Baca juga: Momen Ramadan-Lebaran Perkuat Kinerja Ekonomi Kuartal II 2022

"Sistem keuangan tetap berdaya tahan dan intermediasi melanjutkan perbaikan, seiring dengan membaiknya kinerja korporasi dan rumah tangga, serta persepsi risiko," imbuhnya.

Perry menambahkan bahwa dalam rangka mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas, BI telah melanjutkan bauran kebijakan yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Misalnya, kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan inovatif bersinergi dengan kebijakan KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan). "Seiring prospek pemulihan ekonomi, stabilitas sistem keuangan Indonesia diprakirakan tetap terjaga pada 2022," papar Perry.

Dalam buku ini, terdapat tiga makna tersirat yang ingin disampaikan. "Pertama, optimisme pertumbuhan intermediasi yang semakin membaik di 2022. Ketika dinamika ekonomi global masih dibayangi berbagai tantangan," katanya.

Baca juga: BI: Cadangan Devisa Indonesia April 2022 Capai US$135,7 Miliar

"Kedua, transformasi kebijakan untuk menjaga ketahanan sistem keuangan dengan tetap mendorong intermediasi yang seimbang. Ketiga, sinergi dalam membangun ekonomi yang inklusif melalui pembiayaan dan gerakan penggunaan produk dalam negeri," tukas Perry.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti menekankan pentingnya kebijakan otoritas yang dikalibrasi dengan baik. Berikut, direncanakan dengan baik dan dikomunikasikan dengan baik untuk menjawab berbagai tantangan, yang masih mewarnai pemulihan ekonomi.

Buku KSK merupakan publikasi utama BI di bidang stabilitas sistem keuangan (SSK) yang diterbitkan setiap semester. Buku ini memberikan informasi yang komprehensif tentang hasil asesmen dan riset mengenai SSK Indonesia.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

RI-Swiss Teken Perjanjian Perlindungan Penanaman Modal 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:39 WIB
Adapun perjanjian dibuat dalam rangka kerja sama ekonomi, khususnya investasi kedua negara, dengan memberikan perlindungan hukum dan...
Ist

Unit Usaha dan Mitra APP Sinar Mas Raih Penghargaan SMK3 dari Kemenaker

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:38 WIB
Penghargaan tersebut adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan  untuk kategori...
Dok.Setwapres

Koreksi dari Jubir, Tidak Benar Wapres Minta Menunda Rencana Merger BTN Syariah

👤Emir Chaerullah 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:25 WIB
Informasi tersebut, setelah ditelisik, bersumber dari rilis yang diproduksi Humas DPP...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya