Senin 18 April 2022, 19:04 WIB

Dukung Edukasi Investor Pemula, Ajaib Dukung Aplikasi Simulasi Trading BEI 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
 Dukung Edukasi Investor Pemula, Ajaib Dukung Aplikasi Simulasi Trading BEI 

Dok. Ajaib
Kantor Bursa Efek Indonesia

 

SEBAGAI salah satu komitmen dalam mendorong pertumbuhan investor pasar modal, platform investasi, Ajaib secara konsisten mendukung Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus mengedukasi investor Tanah Air khususnya investor muda.  

Melalui kampanye Sekolah Pasar Modal (SPM) di beberapa cabang IDX di Indonesia, Ajaib turut aktif mensosialisasikan pengaplikasian IDX Virtual Trading, perangkat dan alat simulasi trading sebagai sarana edukasi yang dapat digunakan oleh calon investor sebelum menjadi investor.   

Rangkaian aplikasi ini terdiri dari tiga kelompok, yakni aplikasi untuk belajar dan simulasi transaksi online, aplikasi untuk membuka rekening online dan terakhir aplikasi untuk bertransaksi online.  

Ajaib melakukan kerja sama dengan BEI untuk menjalankan inisiatif literasi keuangan guna menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang sangat signifikan. 

Sepanjang 2021, tercatat investor di pasar modal juga melonjak cukup signifikan menjadi 7,5 juta yang naik 93% dibanding 2020, dimana angka tersebut didominasi oleh kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun. Melalui edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga ikut naik. 

Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora menuturkan, Ajaib terus senantiasa bersinergi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk meningkatkan literasi keuangan. 

Baca juga : Lewat Ekspor, Komoditas Perikanan dari Ambon Siap Banjiri Pasar Mancanegara

“Pasalnya, penyuluhan edukasi keuangan dan investasi terutama kepada generasi muda sangat penting untuk mendukung masa depan perekonomian masyarakat, sehingga diharapkan dapat semakin menumbuhkan semangat berinvestasi generasi muda di pasar modal serta menciptakan generasi yang lebih melek investasi,” kata Anna. 

”Sejak diluncurkannya Aplikasi IDX Virtual Trading untuk investor atau calon investor yang ingin belajar dan latihan bertransaksi saham, tren kenaikan investor di pasar modal Indonesia khususnya investor generasi muda terus naik secara pesat,” ungkap Direktur Teknologi Informasi PT Bursa Efek Indonesia Fithri Hadi. 

Fithri Hadi juga berharap akan semakin banyak calon investor muda yang memanfaatkan Virtual Trading sebagai sarana belajar dan edukasi serta lebih memotivasi generasi muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi kemajuan pasar modal Indonesia termasuk ekonomi nasional.  

Sebagai catatan, berkat kegiatan edukasi masif yang dilakukan oleh BEI bersama seluruh stakeholders pasar modal Indonesia, berbagai pencapaian signifikan telah diperoleh. 

Beberapa rekor yang tercapai sepanjang 2021 di antaranya adalah peningkatan jumlah SID saham maupun SID pasar modal, peningkatan jumlah investor yang aktif bertransaksi, peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi dan nilai transaksi, bahkan kepemilikan saham tahun ini yang semakin didominasi oleh investor domestik. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Indonesia Hasilkan Rancangan Kebijakan Transisi Energi untuk Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:21 WIB
TF ESC B20 Indonesia telah bekerja sama secara erat, termasuk dalam memajukan kerja sama global yang merupakan elemen penting dalam...
MI/ Moh Irfan

Upaya Erick Thohir untuk Cegah Korupsi di BUMN Dapat Apresiasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:06 WIB
Toto Pranoto mengapresiasi penegakan hukum yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dan Kejaksaan Agung dalam memberantas praktik korupsi...
Ist

Jerry Sambuaga Mengundang Pelaku Kripto untuk Berinvestasi di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:46 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga berada di Malaysia untuk menjadi pembicara dalam seminar yang bertemakan Asian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya