Sabtu 12 Maret 2022, 20:49 WIB

Penduduk Kaltim bakal Melonjak Jadi 11 Juta Gara-gara IKN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penduduk Kaltim bakal Melonjak Jadi 11 Juta Gara-gara IKN

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower.

 

KEMENTERIAN Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut, hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara bakal menambah jumlah penduduk di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Di Kalimantan Timur, penduduknya pada 2045 dengan adanya IKN meningkat menjadi 11 juta penduduk," kata Direktur Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas Teguh Sambodo dalam diskusi virtual Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Sabtu (12/3).

Perkiraan jumlah penduduk tersebut didapat dari penambahan di dua kota besar lainnya di Kaltim, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Teguh menerangkan, jumlah penduduk di IKN akan bertambah secara bertahap. Di 2045, penduduk di Nusantara diperkirakan mencapai 1,7-1,9 juta warga pada area 256 ribu hektare.

"Apabila digabung dengan wilayah Balikpapan dan Samarinda bisa mencapai 4,5-5 juta," jelasnya.

Dalam data paparan Bappenas, penduduk IKN akan dihuni oleh pejabat pemerintah, karyawan baru dari sektor inovasi digital, pendidikan dan sektor lain. Ditambah dengan keberadaan anggota keluarga baru.

Baca juga: Pemprov Bengkulu Gelar Prosesi Adat untuk Sambut IKN

Penduduk di Kaltim pun diperkirakan bertambah bertahap. Di 2025, provinsi itu akan dihuni 5-7 juta orang. Sepuluh tahun berikutnya, penduduk di Kaltim diperkirakan sebanyak 8,7-9,7 juta orang.

"IKN akan dibangun sebagai Kota yang didesain sebagai kota hutan atau forest city dengn 75% adalah ruang hijau," pungkas Teguh.

Ada empat tahapan pembangunan IKN, pertama dari 2022-2024 dilakukan pemindahan tahap awal. Pada 2025-2035 pembangunan IKN berfokus pada area inti.

Berikutnya, dari 2035-2045 pemerintah akan membangun seluruh infrastruktur dan ekosistem tiga kota untuk percepatan pembangunan Kaltim. Tahap terakhir akan diagendakan mengokohkan reputasi IKN sebagai kota dunia. (A-2)

Baca Juga

PPI Dunia

PPI Dunia Siap Dukung Penuh Hilirisasi Industri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 11:07 WIB
Achyar menegaskan sikap PPI Dunia siap mendukung program pemerintah untuk kemajuan ekonomi...
Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya