Kamis 03 Februari 2022, 15:52 WIB

Bank Sentral Brasil Naikkan Suku Bunga Acuan ke Dua Digit

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bank Sentral Brasil Naikkan Suku Bunga Acuan ke Dua Digit

AFP/Sergio Lima.
Pekerja Bank Sentral Brasil berdemonstrasi menuntut kenaikan gaji dan menentang kebijakan ekonomi pemerintah, 18 Januari 2022.

 

BANK sentral Brasil menaikkan suku bunga acuannya sebesar 1,5 poin pada Rabu (2/2) menjadi 10,75%. Ini menjadikan suku bunga acuannya dua digit untuk pertama kali dalam hampir lima tahun untuk melawan inflasi yang merajalela.

Kenaikan kedelapan berturut-turut pada Selic rate atau overnight rate, yang sejalan dengan perkiraan, terjadi ketika ekonomi terbesar Amerika Latin berjuang melalui resesi dan inflasi yang sangat tinggi. Menurut komite kebijakan moneter bank, hal itu terus menjadi kejutan negatif.

Komite sembilan anggota, yang membuat keputusan dengan suara bulat, mengisyaratkan akan segera memperlambat siklus pengetatan. "Saat ini memperkirakan perlambatan laju (pemotongan suku bunga) sebagai kebijakan yang paling memadai," ujar mereka.

Brasil telah menanggapi inflasi yang didorong oleh pandemi dengan salah satu siklus pengetatan paling agresif di dunia. Negara itu dengan cepat menaikkan suku bunga utama dari titik terendah sepanjang masa sebesar 2% pada Maret 2021.

Terakhir kali Selic rate berada di dua digit pada Mei 2017. Tingkat inflasi Brasil mencapai 10,06% untuk 2021. Ini menembus kisaran target pembuat kebijakan yakni 3,5% plus atau minus 1,5%.

Baca juga: Inflasi Turki Melonjak ke Level Tertinggi dalam 20 Tahun

Tetapi kebijakan moneter hawkish mengerem pertumbuhan ekonomi. Ekonomi jatuh ke dalam resesi tahun lalu, berkontraksi 0,4% pada kuartal kedua dan 0,1% pada kuartal ketiga. Analis yang disurvei oleh bank sentral saat ini memperkirakan pertumbuhan ekonomi lesu 0,3% untuk tahun ini. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:46 WIB
“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM...
Ist

Menuju Kelas Dunia, IPCC Terminal Kendaraan Luncurkan Logo Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:12 WIB
Perjalanan itu kini membawa IPCC dalam posisi dari yang sebelumnya hanya sebagai Car Terminal Operator menuju Car Terminal...
Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya