Rabu 19 Januari 2022, 10:57 WIB

Satu Harga, Stok Minyak Goreng di Makassar Aman Hingga Tiga Bulan

Lina Herlina | Ekonomi
Satu Harga, Stok Minyak Goreng di Makassar Aman Hingga Tiga Bulan

MI/Adi Kristiadi
Minyak goreng

 

Rabu (19/1), mulai pukul 00.01, pemerintah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga, yaitu Rp14 ribu per liter untuk menstabilkan harga minyak goreng yang tergolong masih tinggi sebulan belakangan.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Salatan, Ashari Faskhari mengatakan, penetapan satu harga untuk minyak goren tersebut diumumkan langsung Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi.

Untuk memastikan tidak ada lagi permainan harga khusus minyak goreng di pasaran, khususnya di Sulsel Ashari mengatakan, pihak akan membuat posko pemantauan harga, untuk menghindari spekulan. "Sekarang ini saya sementara kumpulkan staf untuk membuat pos dan melakukan pengecekan harga di lapangan. Saya juga koordinasi dengan asosiasi pengusaha retail Indonesia. Kemudian saya datangi semua retail, untuk mengecek harga. Apakah sudah turun atau tidak. Kalau tidak turun, pasti ada teguran," tegas Ashari.

Dari pantauan di sejumlah pasar modern seperti minimarket di Kota Makassar, harga minyak goreng kemasan memang sudah Rp14 ribu per liter, setelah sebelumnya dikisaran harga Rp20 hingga Rp24 ribu per liter.

Bahkan agar tidak terjadi kepanikan membeli, pihak ritel dan minimarket membatasi pembelian dua liter per orang per transaksi. "Ini aturan dari bos, kami hanya menjalankan tugas, setiap pembeli tidak diperbolehkan membeli pebih dari dua liter," kata seorang kasir di Lotte Mart, Jalan Sultan Alauddin Makassar.

Wanti, penjual gorengan mengaku mengakali untuk membeli minyak goreng lebih banyak, dengan bergantian membeli bersama anak dan saudara lainnya agar bisa membeli minyak goreng lebih dari dua liter.

"Saya kan pakai banyak minyak untuk jual gorengan, kalau cuma dua liter itu tidak cukup, jadi gantian dengan anak sama saudara masuk ke toko beli. Takut juga kehabisan kalau banyak yang beli setelah harga turun," seru Wanti.

Sementara itu, seorang ibu rumah tangga di Jalan Korban 40 Ribu Jiwa Makassar, Irna mengaku senang dengan harga minyak goreng yang mulai turun itu. "Tadi saya beli langsung dua liter di pasar murah. Lumayan langsung turun delapan ribu," katanya senang.

Meski ada pembatasan pembelian harga minyak goreng, Ashari menegaskan jika stok minyak goreng di Sulawesi Selatan tetap aman, tidak ada kekurangan stok.

"Stok kita itu masih cukup hingga tiga bulan ke depan. Saya jamin stok aman. Makanya ini, saya dengan teman-teman distributor, bersama melakukan pengawasan, jangan sampai ada penimbunan," pungkas Ashari tanpa menyebut jumlah stok yang ada. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Blusukan, Presiden Temukan Harga Minyak Goreng Sudah Rp14 Ribu/liter

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:30 WIB
Setibanya di Pasar Muntilan, Jokowi langsung menanyakan harga komoditas pangan...
Ist/Kementan

Pastikan Lalu Lintas Sapi Antar Area Aman, Mentan Turun Langsung

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:39 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo secara langsung memastikan lalu lintas sapi antar area berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur...
AFP.

Moody's Pangkas Peringkat Utang Ukraina, Prospek Negatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:23 WIB
Kongres AS pada Kamis menyetujui paket bantuan besar US$40 miliar untuk Ukraina untuk membantu memerangi Rusia dan menjaga pemerintah tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya