Kamis 09 Desember 2021, 16:36 WIB

Ada Peningkatan Permintaan saat Nataru, Ini Antisipasi Pertamina Patra Niaga

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ada Peningkatan Permintaan saat Nataru, Ini Antisipasi Pertamina Patra Niaga

Antara/Olha Mulalinda
Pertamina Patra Niaga pastikan stok BBM mencukupi di masa nataru.

 

PERTAMINA Patra Niaga memproyeksikan ada peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru. Bakal ada peningkatan kebutuhan sekitar plus 6,2% untuk gasoline (bensin), lalu plus 2,7% untuk gasoil (diesel), peningkatan 3% untuk LPG, dan 24% untuk avtur, semuanya dibandingkan dengan rerata Oktober.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading (SH C&T) Alfian Nasution menjelaskan, sebagai antisipasi terhadap proyeksi tersebut, pihaknya melakukan beberapa antisipasi. 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU di berbagai wilayah.

Kemudian, menyiapkan rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG, baik yang subsidi maupun non subsidi telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.  

"Menyambut libur Nataru, kami pastikan stok energi nasional dalam kondisi sangat aman. Per 7 Desember, ketahanan stok untuk seluruh produk bahan bakar minyak rata-rata berada di atas 19 hari, LPG di atas 14 hari, dan Avtur 35 hari," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (9/12).

Proses distribusi, lanjut Alfian, juga akan terus dipantau melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU. Untuk menjamin hal tersebut, Pertamina mengaktifkan satuan tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Naru) untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga kembali menyiapkan layanan dan fasilitas tambahan. Setidaknya, disiapkan 1.077 SPBU Siaga di jalur reguler, 63 SPBU Siaga di jalur tol, 218 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, 34 unit Pertashop atau SPBU modular.

Lalu, lebih dari 48 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di 68 DPPU akan terus siaga memenuhi kebutuhan avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

Alfian menerangkan, layanan tambahan ini disiapkan sebagai antisipasi terutama di jalur-jalur dan wilayah dengan proyeksi peningkatan konsumsi tertinggi, misalkan wilayah yang merayakan Natal, wilayah yang merayakan tahun baru, tempat wisata, jalur lintas utama, serta wilayah rawan bencana.

Selain secara internal dalam memastikan stok dan penambahan armada, Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan stakeholder, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Polri, Jasa Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Telkom, serta perbankan untuk memastikan transaksi kebutuhan lembaga penyalur dapat tetap dilayani. 

"Selain operasional kami juga telah siapkan layanan antigen, layanan pembayaran non tunai melalui MyPertamina, serta memastikan seluruh fasilitas Pertamina sudah menaati protokol kesehatan,” pungkas Alfian. (Ins/E-1)

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya