Kamis 11 November 2021, 17:49 WIB

BKPM dan Apkasi Percepat Implementasi Investasi di Daerah

Fetry Wuryasti | Ekonomi
BKPM dan Apkasi Percepat Implementasi Investasi di Daerah

MI/YOSE HENDRA
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Sutan Riska Tuanku Kerajaan

 

BADAN Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk mempercepat implementasi serta mendukung realisasi penanaman modal di daerah.

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan data investasi yang dirilis tiap triwulan merupakan akumulasi dari investasi seluruh Indonesia. Oleh karena itu kabupaten memiliki peran yang strategis. Kemudian, investasi dalam rangka mendorong hilirisasi transformasi ekonomi mencakup wilayah kabupaten.

"Kabupaten yang punya wilayah, yang punya lingkungan dan masyarakat di dalamnya. Maka penting mensinkronisasi," kata Bahlil, Kamis (11/11).

Lalu MoU ini juga penting terkait online single submission (OSS). Sebab dari total pendaftar, 90% lebih merupakan UMKM yang berasal dari daerah-daerah. Kesepakatan ini sebagai bentuk proaktif dari Apkasi dan Kementerian Investasi untuk bersinergi.

Tujuannya meningkatkan investasi sebanyak-banyaknya, menciptakan lapangan pekerjaan, mendatangkan devisa untuk negara, dan bisa menghasilkan produk-produk substitusi impor.

"Supaya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih tinggi, dan memiliki daya saing," kata Bahlil.

Baca juga: Pemkab Muba Gandeng BKPM Datangkan Investor Sawit

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Sutan Riska Tuanku Kerajaan upaya memperkuat kolaborasi pemerintah daerah dengan pusat, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa berinvestasi di daerah harus dilakukan secepatnya.

Dalam waktu berjalan, dengan adanya OSS, pemerintah kabupaten akan memperbaiki hambatan-hambatan di wilayah untuk kepentingan keberlangsungan investasi di daerah. Sebab di seluruh kabupaten memiliki investasi beragam. Umumnya hambatan investasi terjadi pada persoalan lahan, lingkungan, dan tingkat penerimaan rakyat.

"Tetapi dengan satu model perizinan yang akan mempermudah para investor masuk ke daerah yang ada di Indonesia," kata Sutan. (A-2)
 

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya