Jumat 05 November 2021, 21:01 WIB

Paket III Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok Selesai Desember 2021

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Paket III Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok Selesai Desember 2021

MI/FETRY WURYASTI
Pengendara sepeda motor melintasi jalan bypass Lombok - Mandalika, Kamis (4/11).

 

DITUNJUKNYA Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) wajib menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung, seperti jalan.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Nusa Tenggara Barat tengah melakukan pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika.

Kepala Balai Jalan Kepala Pelaksana Nasional Nusa Tenggara Barat Reiza Setiawan, mengungkap bypass BIL - Mandalika ini berjarak sepanjang 17,363 kilometer dan di kerjakan oleh tiga penyedia jasa secara terpisah.

"Yang pertama 4,3 km dikerjakan oleh Nindya Karya Bumiagung KSO. Yang berdua, yang paling panjang ada 9,7 km dikerjakan oleh Adhi-Metro KSO dan yang terpendek dikerjakan oleh Yasa Patria perkasa sepanjang 3,363 km," tutur Reiza saat meninjau Bypass BIL - Mandalika, Kamis (4/11)

Untuk nilai kontraknya sendiri, paket pertama menggunakan dana hampir Rp200 miliar, kedua yang paling panjang sekitar Rp353 miliar dan yang terpendek memakan dana Rp152 miliar.

Baca juga: Telan Biaya Rp700 M, Bypass Bandara Lombok-Mandalika Rampung November

Ia memaparkan, pengerjaan paket pertama dan kedua sudah selesai pada 3 Oktober dan 20 Oktober, hingga kini masa pemeliharaan. Kemudian paket ketiga, yang menuju sirkuit Mandalika, di bagian pinggir jalan masih tahap finalisasi, terakhir pengerjaan pada 3 Desember 2021.

"Pengerjaan Bypass BIL - Mandalika jalur lambatnya memang dibuat berbatu terlebih dahulu nanti bertahap akan kita koordinasikan. Jadi untuk awal paket pengerjaannya hanya di jalur cepatnya dulu. Untuk yang jalur lambatnya kita masih menunggu arahan dari pusat lagi," jelas Reiza.

Sepanjang 17,363 km bypass ini, ada dua jembatan 11 overpass dan tiga jembatan penyeberangan orang di sepanjang.

"Progresnya untuk paket 1 dan 2 itu sudah 100 persen. Kemudian total paket 1, 2 dan 3 itu sudah 98 persen dan untuk paket 3 sendiri 94 persen. Kita prediksikan sesuai jadwal 3 Desember selesai," kata Reiza.

Untuk pengawasannya, Reiza menjelaskan di lapangan ada pengawas lapangan konsultasi pengawas, berkoordinasi dengan, BPKP, dan juga dengan kejaksaan.

"Karena ini Proyek Strategis Nasiona (PSN), jadi dari kejaksaan ada petugas proyek pengamanan strategis (PPS) memonitor ke sini. Inspektorat pun turun turun ke sini memeriksa, kemudian kami di pusat punya direktorat bina teknik, kemudian ada juga dari direktorat kepatuhan internal. Kami juga punya grand dari Australia ada assessment untuk konstruksi, jadi mereka juga memonitor pekerjaan ini," kata Reiza.

Selama masih pelaksanaan kemarin  dia benarkan ada beberapa temuan, misalnya ada kepadatannya masih belum padat, yang kemudian diperbaiki. Pemantauan-pemantauan juga masih berjalan dikonstruksi.

"Harapan kami nanti pada saat pemeriksaan yang auditor eksternal semoga sudah sangat minimal," kata Reiza. (A-2)

Baca Juga

Ist

Siap Dukung UMKM Naik Kelas, Tjufoo Resmi Hadir di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:22 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki mengapresiasi komitmen Tjufoo mendorong agar UMKM berbasis digital semakin banyak bermunculan pada...
MI/Andri Widiyanto

Ada Penambahan 3,5 Juta Pelanggan, Penjualan Listrik PLN Melambung 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:19 WIB
Perusahaan setrum negara itu mencatat kenaikan penjualan listrik 257.634 Giga Watt hour (GWh) sepanjang tahun lalu, atau naik 5,77%...
Dok.Kementan

Hadapi Era 4.0, Penyuluh Pertanian Wajib Lakukan Transformasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:10 WIB
Penyuluh harus menguasai akses komunikasi digital dan mengembangkannya kepada petani secara verbal serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya