Jumat 15 Oktober 2021, 12:32 WIB

Telan Biaya Rp700 M, Bypass Bandara Lombok-Mandalika Rampung November

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Telan Biaya Rp700 M, Bypass Bandara Lombok-Mandalika Rampung November

ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto udara pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, konstruksi Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)–Mandalika rampung November mendatang.

Jalan tersebut mendukung akses ke Sirkuit Mandalika untuk Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK), November 2021, dan MotoGP, 2022 mendatang. Adapun, biaya pengerjaan konstruksi tersebut mencapai Rp700 miliar lebih.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat Reiza Setiawan menjelaskan pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika sepanjang 17 km terdiri dari 3 paket pekerjaan, yakni Paket I sepanjang 4,3 km dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp199 miliar.

Baca juga: Sumsel Kembangkan Lagi Paket Wisata Religi

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,7 km kontraktornya PT Adhi Karya - PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp353 miliar. 

Selanjutnya, untuk Paket 3 sepanjang 3,3 km, kontraktornya dilaksanakan oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran senilai Rp152 miliar,"

"Pembangunan jalan utama telah selesai, dengan progres keseluruhan pekerjaan mencapai 97,4 %. Saat ini tengah dilakukan perapihan jalur lambat dengan target selesai pada 15 November 2021 dan PHO (tahapan pelaksanaan kegiatan PHO) pada 3 Desember 2021" ujar Reiza dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Menurut Reiza, Pembangunan jalan Bypass BIL- Mandalika akan meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika sekaligus mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang dibangun di kawasan Mandalika.

Jalan tersebut dibangun dengan lebar ROW 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi median jalan dengan anggaran Rp 706 miliar pada tahun 2020 – 2021. 

Pihaknya memperkirakan, dibangunnya Bypass BIL-Mandalika akan mengurangi waktu tempuh BIL - Mandalika yang semula lebih dari 45 menit lewat jalan lama menjadi 15 menit. 

Kondisi jalan yang lama (eksisting) tersebut pasalnya hanya memutar sepanjang 23 km dan lebarnya hanya 7 meter sehingga dianggap PUPR masih kurang cukup. (OL-1)

Baca Juga

MI/John Lewar

Pelaksanaan Vaksin Anak di Labuanbajo Bikin Pelaku UKM Bergairah

👤John Lewar 🕔Rabu 26 Januari 2022, 12:35 WIB
IMBAS dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, membuat pelaku usaha mikro kecil (UMK) kuliner di Labuanbajo...
MI/Ardi T Hardi

Dua Desa di Banyuasin Dijadikan Uji Coba Lebah Madu dan Mina Padi

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 26 Januari 2022, 11:05 WIB
DESA Baru di Kecamatan Rambutan dan Desa Daya Kesuma di Kecamatan Sugihan, Banyuasin, Sumatra Selatan menjadi desa terpilih untuk uji coba...
Ist

Evermos Beri Bantuan Peralatan Medis ke RS Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Bandung

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 09:55 WIB
Evermos memberikan bantuan senilai total Rp89.344.443 untuk program persalinan gratis dan alat medis kepada Rumah Bersalin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya