Jumat 05 November 2021, 20:15 WIB

Lewat Ekspor Olahan Singkong dan Kopi, Kementan Perkuat Hilirisasi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Lewat Ekspor Olahan Singkong dan Kopi, Kementan Perkuat Hilirisasi

Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat pelepasan ekspor olahan singkong dan kopi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/11).

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) terus memperkuat komoditas ekspor Tanah Air. Kali ini, ekspor dilakukan terhadap komoditas olahan singkong dan kopi. Untuk olahan singkong, jumlah yang diekspor sebanyak 3,3 ton ke Korea Selatan dan kopi sebanyak 39,6 ton ke Mesir.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ekspor ini merupakan wujud komitmen pemerintah, khususnya Kementan.

"Ekspor pangan kita upayakan tiga kali lipat. Untuk itu, Kita dorong semua daerah melakukan ekspor. Karena negara lain membutuhkan komoditas pertanian," tegas Mentan saat Pengembangan Hilirisasi dan Ekspor Pangan Lokal, sekaligus pelepasan ekspor olahan singkong dan kopi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/11).

Menurutnya, pengembangan dan ekspor pertanian harus lebih maju dan ditingkatkan. Apalagi, Indonesia berstatus sebagai negara terbesar ke 4 di dunia, setelah Amerika, Tiongkok, dan India.

"Terbukti, PDB pertanian kuartal II 2020 naik 16,24% di tengah sektor naik pertumbuhannya minus. Di 2020, nilai ekspor produk pertanian mencapai Rp451,8 triliun, meningkat 15,79% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," sebutnya.

Peningkatan ekspor berlanjut pada periode Januari-September 2021. Ekspor komoditas pertanian mencapai Rp450 triliun, tumbuh 45,36%. 

Dalam kesempatan itu, Mentan dinobatkan sebagai tokoh nasional penggerak hilirisasi dan ekspor pangan lokal oleh Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (Kopitu). 

Penganugerahan diberikan Ketua Umum Kopitu Yoyok Pitoyo di Hotel Grand Mercure, Surabaya.

Penganugerahan ini diberikan atas komitmen dan upaya Mentan dalam memperkuat hulu hingga hilir produk olahan pangan lokal secara masif sehingga pangan lokal terangkat kelasnya yakni masuk ke perhotelan dan hingga diekspor.

"Terima kasih kepada Kopitu atas penghargaanya ini. Tapi sebenarnya saya yang seharusnya memberikan penghargaan kepada Kopitu karena berkontribusi nyata mengembangkan dan memajukan pangan lokal yang memiliki potensi dan nilai ekonomi yang luar bagi negara dan masyarakat," ujar Syahrul.

Diketahui, Kopitu dibentuk sebagai wadah di tingkat nasional yang menyatukan pelaku usaha dan pemangku kepentingan lain baik pemerintah maupun non-pemerintah untuk bersinergi meningkatkan kemampuan bersaing UMKM Indonesia. Bersifat nirlaba, independen, dan tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menyampaikan pentingnya mengangkat diversifikasi pangan lokal seperti singkong.

"Indonesia sangat kaya akan pangan lokal. Setiap daerah memiliki pangan lokal yang sangat khas dan berbeda-beda. Kita akan dorong agar keunggulan iu bisa menjadi komoditi ekspor," kata Dedi dalam keterangannya, Jumat (5/11).

Hanya saja, Dedi mengingatkan agar komoditi tersebut diolah terlebih dahulu. "Lakukan proses hingga ke hilir. Sehingga produk pertanian memiliki nilai tambah dan nilai jualnya meningkat. Dengan cara ini, petani pun akan meningkat kesejahteraannya," tuturnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK MI

Wamendag: Pasar Rakyat, Penggerak Roda Perekonomian Rakyat

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:35 WIB
tiga tugas utama Kementerian Perdagangan terkait ketahanan pangan, keseimbangan neraca perdagangan, dan pembangunan/revitalisasi pasar...
Dok. PT Taspen

Erick Rombak Susunan Direksi PT Taspen 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
Sementara itu, Rena Latsmi Puri sebagai Direktur Keuangan menggantikan Patar Sitanggang, Ariyandi sebagai Direktur...
Dok. Pribadi

Teken MoU, Riyadh Group Indonesia Kembangkan The Grand Mangkuputra Arcade Cilegon Seluas 4,5 Hektar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:28 WIB
Lewat kesepahaman ini, nanti Riyadh Group Indonesia akan mengelola dan mengembangkan Hotel The Grand Mangkuputra Arcade...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya