Kamis 04 November 2021, 23:16 WIB

PUPR: Drainase Pengamanan Banjir Sirkuit Mandalika Hampir Rampung 

Fetry Wuryasti | Ekonomi
PUPR: Drainase Pengamanan Banjir Sirkuit Mandalika Hampir Rampung 

Antara/Ahmad Subaidi
Tikungan ke-10 Sirkuti Mandalika

 

DALAM dua tahun anggaran yakni 2020 dan 2021, Direktorat Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah 98% merampungkan pembangunan saluran pengendali banjir di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Total anggaran untuk pembangunan saluran sepanjang 7 km itu sebenar Rp57,66 miliar pada 2020 dan Rp28,27 miliar pada 2021. 

"Target sampai hari ini secara fisik sudah 98% hanya tinggal merapikan. Akhir kontrak memang di 31 Desember. Tetapi ada percepatan karena mendukung KEK ini. Mungkin dalam 1-2 hari tuntas," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Direktorat Sumber Daya Air, Balai Wilayah Sungai Nustra I Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sonny Iswanto, di Lombok, Kamis (4/11). 

Manfaat dari pembangunan drainase ini adalah pengamanan banjir pada komplek sirkuit mandalika seluas 1.135 hektare. Aliran dari tiga sungai yang memotong sirkuit mandalika memiliki total debit sekitar 87 meter kubik, yang kemudian oleh Kementerian PUPR aliran tersebut dialihkan jalurnya, masuk ke satu sistem saluran drainase. 

Baca juga : Pembangunan Ibu Kota Negara Baru Masuk Skema Kerja Sama Indonesia-UEA 

"Kemudian air kami limpahkan ke laguna, dengan lebar saluran bervariasi kapasitasnya antara 10 meter sampai sekitar 78 meter kubik per detik, dalam rencana besarnya. Tapi kapasitas kami sudah kalikan angka keamanannya 1,2x," kata Sonny.  

Tanpa ada drainase potensi sirkuit Mandalika tidak bermanfaat secara optimal dan mungkin tidak akan bermanfaat sirkuitnya. Sebab kawasan tersebut merupakan dataran paling rendah di Lombok, selevel permukaan air laut. 

"Dengan adanya drainase ini artinya bahwa kami sudah proteksi keamanan banjir. Kapasitas sesuai desain. Setiap pembangunan, kami selalu menjaga angka keamanannya untuk kapasitas agar jangan sampai terjadi over popping," kata Sonny. (OL-7)

Baca Juga

DOK BEA CUKAI

Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI dan Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:04 WIB
Bea Cukai berupaya bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya, seperti TNI dan Polri, untuk optimalisasi...
Medcom/ilustrasi aplikasi

Komit Dukung Angkatan Kerja, PINTAR Rilis Platform Pendidikan dan Pengembangan Diri

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:34 WIB
“Kami yakin pendidikan yang relevan terhadap kebutuhan industri tidak hanya berpotensi membuka peluang bagi pembelajar, tetapi juga...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jokowi Cek Minyak Goreng, Di Kota Bogor Harganya Rp 14.500-18.000

👤 Dede Susianti 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:18 WIB
Jokowi mencek stok dan harga minyak goreng. Selain itu, Jokowi juga memberikan bantuan tunai dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya