Kamis 04 November 2021, 15:09 WIB

Ekspor Industri Pengolahan Rumput Laut Menjanjikan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ekspor Industri Pengolahan Rumput Laut Menjanjikan

Antara/Dedhez Anggara.
Petani memanen rumput laut jenis Glacilaria sp di Desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021).

 

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri pengolahan rumput laut karena dianggap menjanjikan dalam investasi. Pada 2020 tercatat nilai ekspor dari industri tersebut mencapai US$96,19 juta atau sekitar Rp1,3 triliun dengan volume produksi sebesar 26.611 ton.

Produk olahan rumput laut biasanya digunakan oleh industri pangan dan nonpangan. Dalam industri pangan, produk formulasi rumput laut digunakan sebagai bahan tambahan pangan pada bakso, nugget, sirup, es krim, yogurt, jus, dan jeli. Pada industri nonpangan, rumput laut dapat digunakan untuk produksi cat, tekstil, pasta gigi, kosmetik seperti lotion, sabun, dan sampo.

"Kita punya daya saing dan pasar ekspor olahan rumput laut masih menjanjikan. Apalagi, Indonesia punya potensi besar dengan ketersediaan bahan baku rumput laut," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan resmi, Kamis (4/11).

Dia menjelaskan, produk olahan rumput laut di Indonesia dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni agar-agar dan karaginan. Secara global, saat ini Indonesia menempati posisi ketujuh untuk negara eksportir agar-agar dan peringkat keenam sebagai negara eksportir karaginan.

Baca juga: Jawa Timur Ekspor Produk ke Korea Selatan dan Mesir

Di sisi lain secara volume ekspor, Indonesia dianggap sebagai negara eksportir terbesar untuk komoditas rumput laut kering. "Pada 2019, nilai ekspor olahan rumput laut hanya 49,75% dari nilai ekspor rumput laut kering dengan produk olahan utama yang diekspor yaitu karaginan. Pada 2020, persentase tersebut meningkat menjadi 53,79%," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Lotte Grosir

Lotte Grosir Dukung Penuh Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:45 WIB
Arisandi selaku Store General Manager Lotte Grosir Cibitung telah menyampaikan permohonan maaf terhadap pelanggan setia...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Disesuaikan dengan Dinamika Global

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:07 WIB
Belum lagi persoalan mendasar dari sisi sistem kesehatan nasional. Luhut bilang, hal itu juga menjadi tantangan yang tak bisa dianggap...
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Perbaikan Ruas Tol Terbanggi Besar-Palembang Bakal Beres April 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:07 WIB
Ruas tol ini sangat vital dalam mendukung perekonomian di Pulau Sumatra bagian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya