Rabu 03 November 2021, 12:23 WIB

Inggris Berminat Investasi Kredit Ekspor Ekonomi Hijau, PLN-Pertamina Diandalkan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Inggris Berminat Investasi Kredit Ekspor Ekonomi Hijau, PLN-Pertamina Diandalkan

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

PEMERINTAH Inggris tertarik untuk melakukan investasi berupa kredit ekspor yang dapat digunakan untuk transisi ekonomi hijau di Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik rencana tersebut.

Keinginan Inggris itu diketahui saat Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson bertemu di selaKonferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11).

"Itu peluang yang harus ditangkap. Saya berharap BUMN-BUMN energi, seperti PLN dan Pertamina, bisa merespons dan menjalankan transformasi energi bersih dan mengurangi emisi karbon," kata Erick dalam keterangan resmi, Rabu (3/11).

Kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama antar kedua negara, terutama di bidang ekonomi hijau. Presiden Jokowi sendiri menekankan pada investasi hijau dan teknologi sebagai kunci transisi ekonomi hijau,

Erick pun mendorong agar perusahaan-perusahaan BUMN berpacu bertransformasi dengan melakukan berbagai program dan inovasi model bisnis ini untuk mengurangi emisi karbon.

"Karena jika sektor usaha BUMN sejak dini sudah memulai program dekarbonisasi pada lini bisnisnya, maka beberapa tahun ke depan justru akan membawa manfaat ekonomi yang lebih besar," ungkap Menteri BUMN.

Transformasi itu, tambahnya, selain menciptakan peluang industri baru dan lapangan kerja yang lebih besar, harga produk-produk energi Indonesia diyakini akan lebih terjangkau.

Bahkan, lanjutnya, transformasi yang mengusung ekonomi hijau akan memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang dapat dirasakan seluruh masyarakat.

"Antara lain, udara yang lebih bersih dan berkurangnya ancaman bencana hidrometeorologi akibat terjadinya perubahan iklim," tutup Erick. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Dok. Kementerian BUMN

Erick: BUMN Harus Kembali ke Khittah sebagai Perusahaan yang Sehat dan Berdaya Saing

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:44 WIB
Erick berpesan kepada generasi muda untuk menjaga dua fokus utama BUMN yakni sebagai agen pembangunan dan penyeimbang...
Dok. IFG

Dukung Pengembangan Sektor Asuransi dan Dana Pensiun, IFG Gelar Konferensi Internasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:36 WIB
Konferensi itu bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap penguatan literasi di sektor asuransi dan dana pensiun bagi pelaku...
Dok. Pribadi

Erick Sebut Transformasi Kultural BUMN Jadi Kunci Menangkan Persaingan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:02 WIB
"Transformasi bisa terjadi kalau terjadi juga transformasi kultural atau juga transformasi manusianya itu tidak mungkin," ucap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya