Kamis 21 Oktober 2021, 10:41 WIB

Dolar Amerika Melemah Harga Emas Naik Tipis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Dolar Amerika Melemah Harga Emas Naik Tipis

ANTARA/Shutterstock/aa.
Ilustrasi - Emas batangan atau gold casting bar yang diimpor PT Antam.

 

Harga emas naik tipis di perdagangan Asia pada Kamis (21/10) pagi, memperpanjang kenaikan untuk sesi ketiga berturut-turut karena dolar yang lebih lemah membuat logam tersebut lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan di US$ 1.784,96 per ounce pada pukul 01,46 GMT. Emas berjangka AS sedikit berubah pada US$ 1.784,60.

Harga emas telah diperdagangkan antara US$ 1.759 dan US$ 1.788 dolar AS minggu ini. Dolar yang lebih lemah pada Kamis membuat logam mulia tersebut mendekati ujung yang lebih tinggi dari kisaran ini.

Dua pejabat Federal Reserve AS mengatakan pada Rabu (20/10) sementara bank sentral harus mulai mengurangi langkah-langkah stimulusnya, itu terlalu dini untuk kenaikan suku bunga.

Bank sentral Inggris (BoE) akan menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan suku bunga dalam siklus pasca-pandemi, tetapi para ekonom yang disurvei oleh Reuters berpikir kenaikan pertama tidak akan terjadi sampai awal tahun depan, lebih lambat dari perkiraan pasar.

Emas sering dianggap sebagai lindung nilai inflasi, meskipun pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, yang diterjemahkan menjadi peluang kerugian yang lebih tinggi memegang emas yang tidak membayar bunga.

Logam mulia lainnya, perak di pasar spot naik 0,3 persen menjadi 24,33 dolar AS per ounce, sementara platinum naik 0,1 persen menjadi US$ 1.051,12 per ounce dan paladium turun 0,3 persen menjadi US$ 2.066,53  per ounce. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Tingkatkan Produksi Padi dengan Meratakan Produktivitas Jawa-luar Jawa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:13 WIB
Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas beras di Indonesia adalah dengan menutup kesenjangan produktivitas di Jawa dan luar Jawa...
Antara

BUMN Kirim Mobil Evakuasi hingga Makanan untuk Korban Erupsi Semeru

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:05 WIB
Kementerian BUMN mengirimkan 12 unit mobil evakuasi, air mineral, masker, makanan siap saji dan selimut untuk para korban bencana letusan...
Dok.Pri

Saham Tays Bakers Oversubscribed 26x, Cerminan Prospek Cerah Industri Mamin

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 14:57 WIB
Hasil penawaran saham TAYS pada 30 November - 2 Desember mencerminkan prospek cerah dan stabil industri makanan dan minuman di dalam maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya