Selasa 28 September 2021, 18:43 WIB

Ford Kucurkan Rp163 Triliun untuk Produksi Mobil Listrik

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ford Kucurkan Rp163 Triliun untuk Produksi Mobil Listrik

AFP/Tobias Schwarz.
Seorang pekerja membersihkan bagian depan mobil listrik Ford Mustang Mach-E GT di stan Ford International Motor Show (IAA) Jerman.

 

PABRIKAN mobil Amerika Serikat Ford berencana menginvestasikan US$11,4 miliar atau sekitar Rp163 triliun dalam produksi kendaraan listrik. Ini sebagai upaya memosisikan diri untuk memimpin peralihan Amerika Serikat dari bahan bakar fosil yang merusak iklim.

Perusahaan mengatakan akan membangun empat pabrik baru untuk memproduksi kendaraan listrik dan baterai yang akan menciptakan 11.000 pekerjaan baru pada 2025. "Bersama dengan mitra Korea Selatan SK Innovation, Ford akan membangun pabrik di Kentucky dan Tennessee," kata pembuat mobil itu dalam suatu pernyataan, Senin (27/9).

Ford akan menginvestasikan US$7 miliar, bagian dari investasi US$30 miliar yang telah diumumkan musim semi lalu, dan SK Innovation akan menyiapkan sisanya. Ford mengatakan itu akan menjadi kompleks produksi mobil terbesar, tercanggih, paling efisien dalam 118 tahun sejarahnya dan akan menempatkan perusahaan di garis depan peralihan negara ke kendaraan listrik.

"Investasi ini mendukung tujuan jangka panjang perusahaan untuk menciptakan ekosistem manufaktur Amerika yang berkelanjutan dan mempercepat kemajuannya dalam mencapai netralitas karbon didukung oleh target berbasis sains yang sejalan dengan Perjanjian Iklim Paris." Perusahaan mengharapkan antara 40% dan 50% kendaraan globalnya menjadi sepenuhnya listrik pada 2030.

"Ini merupakan momen transformatif ketika Ford akan memimpin transisi Amerika ke kendaraan listrik dan mengantar era baru manufaktur bersih dan netral karbon," tutur Ketua Eksekutif Bill Ford. "Dengan investasi ini dan semangat inovasi, kita dapat mencapai tujuan yang pernah dipikirkan secara eksklusif yakni melindungi planet kita, membangun kendaraan listrik yang hebat yang akan disukai orang Amerika, dan berkontribusi pada kemakmuran bangsa kita."

Pengumuman itu muncul di tengah permintaan yang kuat untuk kendaraan pikap F-150 Lightning baru perusahaan dan model listrik lain seperti E-Transit dan Mustang Mach-E. Seperti pesaingnya, GM, pabrikan ini berusaha mengejar ketertinggalan dari Tesla, pelopor utama mobil listrik.

Baca juga: India Guyurkan Insentif Rp49,7 Triliun untuk Produksi Mobil Listrik

Ford, yang merevolusi produksi mobil otomatis seabad yang lalu, mengatakan peluncurannya akan menjadi investasi AS terbesar dalam kendaraan listrik pada satu waktu oleh produsen otomotif. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...
Dok. Pribadi

Pengurus Entrepeneur Indonesia Dikukuhkan, Siap Sambut Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:15 WIB
Afda Rizal Armashita menyatakan, anggota Entrepreneur Indonesia terdiri dari pengusaha dari berbagai bidang baik skala kecil, menengah...
Antara

Sandiaga Sebut Kemasan Pariwisata Pengaruhi Daya Jual

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 19:53 WIB
Menurut dia, pengemasan yang baik merupakan penentu dari tingkat kelarisan produk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya