Jumat 24 September 2021, 17:46 WIB

Tersalurkan Rp9,4 Triliun, Kemnaker Bongkar Masalah BSU Pekerja

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tersalurkan Rp9,4 Triliun, Kemnaker Bongkar Masalah BSU Pekerja

Antara
Ilustrasi

 

BANTUAN Subsidi Upah (BSU) pekerja telah memasuki tahap 5. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan ke 4,9 juta lebih buruh atau penerima yang sesuai kriteria dengan anggaran triliunan rupiah.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Kemnaker Indah Anggoro Putri mengungkapkan, sejumlah masalah yang ditemukan pihaknya.

"Dana yang telah disalurkan hingga saat ini per 24 September, sebesar Rp4,9 triliun yang terdiri dari rekening existing Bank Himbara dan burekol," ujarnya dalam rilis resmi, Jumat (24/9).

Ditegaskan Indah Anggoro Putri, dalam penyaluran BSU melalui rekening Himbara selama ini, ditemukan permasalahan peli. Pertama ialah komunikasi antar bank di kantor pusat dan kantor cabang yang tidak sinkron. Masalah ini akhirnya mengakibatkan proses aktivasi tak bisa dilakukan secara cepat.

Baca juga : Perdana, Ekspor Gurita Aceh ke Jepang Senilai Rp885 Juta

"Kedua, terbatasnya sumber daya Bank dalam pelayanan aktivasi rekening baru secara kolektif," bebernya.

Masalah berikutnya, gagal salur untuk rekening eksisting meski telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh bank sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU oleh KPA.

Total data calon penerima BSU yang dikirimkan BP Jamsostek sebanyak 7.748.630 calon penerima.

Lalu, ada juga perusahaan yang menolak menerima dana BSU untuk pekerja karena kurangnya sosialisasi kriteria penerima BSU.

Indah menambahkan, seluruh permasalahan yang dievaluasi berasal dari pengaduan masyarakat ke PHI melalui media sosial maupun pesan jaringan pribadi.

"Tim PHI berpandangan pengaduan masyarakat ini harus memperoleh perhatian serius untuk ditindaklanjuti," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Gandeng Universitas, Kemenkop UKM Cetak Wirausaha Buka Lapangan Kerja

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:19 WIB
Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini Indonesia perlu menyiapkan wirausahawan muda yang memiliki pendidikan tinggi dan berasal dari...
MI/Adi Kristiadi

Satu Harga, Stok Minyak Goreng di Makassar Aman Hingga Tiga Bulan

👤Lina Herlina 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:57 WIB
Rabu (19/1), mulai pukul 00.01, pemerintah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga, yaitu Rp14 ribu per liter untuk menstabilkan...
Ist

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi pada Desember 2021 Meningkat 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:26 WIB
Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi Desember 2021 sebesar 17,4% lebih tinggi dari SBT 14,8% pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya